Categories: Daerah

Kapolda Jateng Keluarkan Buku Saku Pedoman Netralitas Polri

KABARONE.COM,SEMARANG- Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi kembali menekankan komitmen terkait netralitas anggota Polri dalam pemilu. Arahan Kapolda kepada jajarannya ini disampaikan dalam giat apel Pagi di halaman Mapolda Jateng yang di hadiri oleh seluruh PJU Polda Jateng dan Kapolres/ta Jajaran Polda Jateng, Senin 4 Desember 2023 pagi.

Kapolda menjelaskan terkait buku saku Pedoman Netralitas anggota Polri dalam pemilu 2024 memuat delapan Dasar hukum dan Jukrah, Tahapan Pemilu 2024, Tujuh belas Perilaku Netralitas Polri dalam tahapan Pemilu 2024, lima bentuk tindakan Patroli Netralitas, Gaya berfoto anggota Polri yang di perbolehkan berikut empat belas gaya berfoto anggota polri yang tidak diperbolehkan.

“ Buku saku Pedoman Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu 2024 ini berisi petunjuk dan arahan bagaimana Personil Polri bersikap Netral dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada, Buku saku ini sudah ada terkait tahapan pemilu termasuk didalamnya mengatur tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan misalnya gaya berfoto maupun penggunaan medsos,” ujarnya.

Ia menekankan kepada seluruh jajaran untuk mempedomani buku yang merupakan buku panduan bagi personil Polri, dalam mewujudkan netralitas pada Pemilu 2024. Lanjut Kapolda, netralitas Polri termasuk dalam Pelayanan Polri dalam penerimaan Laporan pengaduan masyarakat yang mengarah Tindak Pidana Umum dibarengi dengan Tindak Pidana Pemilu.

“Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) di tingkat Polda sampai di tingkat Polres sudah kita latihkan bagaimana cara penanganan penerimaan Laporan dan Penyidikan di wilayah yang bersentuhan dengan Pemilu,” ungkap Kapolda.

Netralitas Polri, kata Kapolda merupakan salah satu program prioritas Kapolri dalam mewujudkan Polri yang Presisi, Sebagaimana penekanan Kapolri tentang Jaminan Keamanan dan Netralitas Polri dalam Pelaksanaan Pemilu 2024.

“Penekanan dan arahan terkait Netralitas telah diberikan secara menyeluruh dan terus menerus hingga ke tingkat Polres dan Polsek di jajaran Polda Jateng,” tegasnya. ***

pewarta : amr

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Kapolres Jakarta Timur untuk mengungkap kasus yang berhujung dugaan pembunuhan.

Jakarta, Kabar One.com-Laporan pengaduan hingga kini belum terungkap atau belum ada realisasi penanganan kasus yang…

2 mins ago

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

6 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

18 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

19 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

20 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

22 hours ago