Hukum

KPU Tetapkan Pemenang Pilpres Relawan AAIB dan RAPI Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran

Jakarta Kabarone.com,-Pasca pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang menetapkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilu Presiden 2024, sejumlah relawan pemenangan mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming alias Raka.

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah luar negeri, Paslon Prabowo-Gibran ditetapkan sebagai pemenang terhadap dua Paslon Anies – Muhaimin dan Ganjar- Mahfud MD.

Priyagus Widodo SH, yang tergabung dalam tim relawan Prabowo Gibran, yang tergabung dalam relawan Aliansi Advokat Indonesia Bersatu (AAIB) dan Relawan Pimpinan Indonesia (RAPI), menyampaikan “Selamat atas kemenangan Prabowo-Gibran.

Priyagus Widodo menyampaikan, Prabowo-Gibran yang telah meraih jumlah suara sebanyak 58,59%, sebenarnya sudah kami perkirakan sejak awal sesuai data hasil survei dari beberapa Lembaga Survei yang independen dan kredibel, karena hasil perhitungan suara oleh lembaga lembaga survei tersebut tidak jauh berbeda dengan hasil penghitungan suara melalui Quick Count dan perhitungan hasil suara Real Count oleh KPU.

Sementara terhadap kubu Paslon 01 dan 03, dan para pendukungnya diharapkan agar legowo. Namun jika tidak terima dengan hasil Rekapitulasi Pilpres dari KPU, silahkan menempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Demikian juga kalaupun ada wacana dari Partai Partai koalisi pengusung Paslon 01 dan 03, yang berencana gunakan hak angket untuk menyelidiki dugaan kecurangan pelaksanaan Pemilu, hal ini tidak akan menganulir Putusan atau Ketetapan KPU yang menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres dan menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024 lima tahun ke depan.

“Semua pihak dan komponen masyarakat harus menghormati hasil Pemilu dengan mengedepankan persaudaraan, perdamaian, kerukunan, suasana yang kondusif agar masyarakat dapat kembali bekerja lagi dengan normal”, ucapnya.

Berdasarkan hasil penetapan KPU bahwa pasangan Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengantongi 40.971.906 suara atau sekitar 24,95 persen dari seluruh suara sah nasional dan Capres-Cawapres 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat suara 27.040.878 atau sekitar 16,47 persen dari seluruh suara sah nasional.

Oleh karena itu, pasangan Prabowo-Gibran di atas kertas memenangi Pilpres 2024 dengan satu putaran, ungkapnya 21/3/2024.

Berkaitan dengan dugaan kecurangan Pemilu yang telah didaftarkan tim kuasa hukum Paslon 01, ke MK hari ini 21/3/2024, menurut Priyagus Widodo hal itu sah sah saja.

“Seluruh warga negara dan partai politik yang akan menempuh upaya hukum tidak boleh dihalangi pihak manapun. Hal itu sah sah saja, dan merupakan bahagian dari terlaksananya demokrasi di NKRI ini”, ucap Priyagus Widodo, 21/3/2024.

Penulis : P.Sianturi

Redaksi

Recent Posts

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

5 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

17 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

18 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

19 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

21 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

1 day ago