Daerah

Hari Kartini Menurut Ketua DPRD Kotabaru, Refleksi Perempuan Untuk Memperoleh Haknya

KOTABARU,kabarOne com- Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini merupakan pahlawan nasional yang gigih memperjuangan emansipasi perempuan, termasuk membuka sekolah khusus perempuan.

Dan hari Kartini menjadi momen khususnya bagi kaum perempuan di Indonesia untuk menghormati sekaligus mengenang kembali jasa dan pengorbanan Raden Ajeng Kartini, dan setiap tanggal 21 April, Indonesia memperingati Hari Kartini.

Hari Kartini menurut Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, S.Sos adalah merupakan momentum untuk mengenang dan mengapresiasi perjuangan pahlawan wanita, RA Kartini.

“Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia, mari terus berkarya dan mengobarkan semangat perjuangan Kartini untuk meraih mimpi,” ujar Syairi Mukhlis, Minggu (21/04/24).

Lebih lanjut kata Syairi, momentum Hari Kartini menjadi refleksi perempuan bisa memperoleh haknya soal pendidikan sehingga punya posisi tawar yang baik.

“Secara kodrat memang tidak sama antara laki-laki dan perempuan. namun, dilihat dari hak-hak sebagai warga negara, baik dalam hak pendidikan, kebebasan politik, keduanya merupakan dua sosok yang setara,” tambahnya.

Dirinya berpendapat mewarisi perjuangan sosok Kartini berarti memperjuangkan agar hak pendidikan perempuan benar-benar sama dengan laki-laki.

Perempuan berkewajiban mendidik anak untuk dibekali dengan pendidikan yang cukup agar bisa melahirkan generasi yang lebih baik, namun perjuangan meneruskan langkah-langkah Kartini tersebut masih panjang.

“Memperjuangkan wanita, tak semata-mata dilihat dari aspek fisik semata, tetapi juga harus mencakup psikologis,” jelas Syairi.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Bekas Pos terpadu Kelurahan petojo utara disulap “unik desain hasil Akulturasi budaya Rumah Betawi

JAKARTA KABARONE : Bekas posko terpadu milik kelurahan petojo utara jalan pembangunan 2 jakarta pusat…

6 mins ago

MTQ Nasional Ke-54 Tingkat Kabupaten Kotabaru Resmi Dibuka

KOTABARU,kabarOne.com- Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional ke- 54 tingkat Kabupaten Kotabaru secara resmi di buka oleh…

8 hours ago

Tingkatkan Peserta, Anggota DPRD Kotabaru Dukung Festival Kuliner Saijaan

KOTABARU,kabarOne.com- Digelarnya Festival Kuliner Saijaan 2024 beberapa waktu lalu oleh Pemkab Kotabaru melalui Disparpora di…

15 hours ago

Bupati Kotabaru Lantik Dewan Hakim, Sekda Bacakan Sambutan

KOTABARU,kabarOne com- Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Lantik dewan hakim dan lepas pawai Ta’ruf MTQ…

23 hours ago

Paguyuban arisan sunah kurban RW 02 Kelurahan Petojo utara kurban sapi

JAKARTA KABARONE.C0M : Momentum idul Adha Paguyuban Arisan sunah kurban RW O2 Kelurahan petojo utara…

1 day ago

Modus Penipuan Catut Nama Kasi Intel Kejari Lamongan, OTK Minta Pinjaman Dana ke DPD NasDem Lamongan

LAMONGAN ,Kabar One.com- Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Lamongan, Sugiono, mendapatkan pesan chat…

2 days ago