Hari Kartini Menurut Ketua DPRD Kotabaru, Refleksi Perempuan Untuk Memperoleh Haknya

Daerah82 views

KOTABARU,kabarOne com- Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini merupakan pahlawan nasional yang gigih memperjuangan emansipasi perempuan, termasuk membuka sekolah khusus perempuan.

Dan hari Kartini menjadi momen khususnya bagi kaum perempuan di Indonesia untuk menghormati sekaligus mengenang kembali jasa dan pengorbanan Raden Ajeng Kartini, dan setiap tanggal 21 April, Indonesia memperingati Hari Kartini.

Hari Kartini menurut Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, S.Sos adalah merupakan momentum untuk mengenang dan mengapresiasi perjuangan pahlawan wanita, RA Kartini.

“Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia, mari terus berkarya dan mengobarkan semangat perjuangan Kartini untuk meraih mimpi,” ujar Syairi Mukhlis, Minggu (21/04/24).

Lebih lanjut kata Syairi, momentum Hari Kartini menjadi refleksi perempuan bisa memperoleh haknya soal pendidikan sehingga punya posisi tawar yang baik.

“Secara kodrat memang tidak sama antara laki-laki dan perempuan. namun, dilihat dari hak-hak sebagai warga negara, baik dalam hak pendidikan, kebebasan politik, keduanya merupakan dua sosok yang setara,” tambahnya.

Dirinya berpendapat mewarisi perjuangan sosok Kartini berarti memperjuangkan agar hak pendidikan perempuan benar-benar sama dengan laki-laki.

Perempuan berkewajiban mendidik anak untuk dibekali dengan pendidikan yang cukup agar bisa melahirkan generasi yang lebih baik, namun perjuangan meneruskan langkah-langkah Kartini tersebut masih panjang.

“Memperjuangkan wanita, tak semata-mata dilihat dari aspek fisik semata, tetapi juga harus mencakup psikologis,” jelas Syairi.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *