Hukum

KRT. H. Djuyamto Rekso Pradoto SH, MH, Gelar Acara Ikrar Peduli Cagar Budaya Di Petilasan Keraton Kartasura

JAKARTA, Kabar One ; Pemerhati Budaya dan pemrakarsa acara Ikrar Peduli Cagar budaya, Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) H. Djuyamto Rekso Pradoto SH, MH, dan ratusan orang dari berbagai perwakilan komunitas di Kartasura mengelar acara ikrar peduli cagar budaya, yang digelar pada Minggu 7 Juli 2024 di pelataran Watu Kembar Petilasan Keraton Kartasura.

Dalam kesempatan ini, KRT. H.Djuyamto Rekso Pradoto SH.MH. mengatakan bahwa ini merupakan sebuah sikap yang sangat positif dan harus di apresiasi karena muncul dari inisiatif warga masyarakat yang peduli cagar budaya di wilayah Kartasura dan Sekitarnya.

“Perlu kita ketahui bahwa untuk memelihara dan merawat Cagar budaya bukan hanya tugasnya negara dan pemerintah saja tapi juga menjadi tugas dan kewajiban masyarakat,” ujarnya.

Selain itu Djuyamto juga menjelaskan, dengan adanya ikrar peduli cagar budaya ini menunjukan bahwa warga Kartasura masih mempunyai kepedulian terhadap cagar budaya di petilasan Keraton Kartasura.

“Harapan kedepanya agar ikrar ini bukan hanya sekedar ikrar tanpa di buktikan dengan sikap dan perbuatan di hari-hari mendatang,” jelas hakim dan Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

“Ikrar ini harus di tunjukan misalnya ikut secara nyata menjaga, merawat dan membersikan sebagai mana ikrar yang di ucapkan.” Sambungnya.

Menurut Sofyan SH sebagai ketua panitia mengatakan tujuan dari acara ikrar peduli cagar budaya ini adalah untuk membangun komitmen khususnya bagi masyarakat Kartasura agar peduli terhadap keberadaan benda–benda cagar budaya yang ada di Kartasura agar tetap terjaga dengan baik dan tetap lestari.dikutif Derapperistiwa.com.

Pembacaan ikrar dipimpin oleh budayawan Kartasura Marsudi Widodo didampingi Camat Kartasura,Kapolsek Kartasura, Danramil 06 Kartasura, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo serta diikuti oleh seluruh gabungan komunitas peduli cagar budaya.

Ikrar Masyarakat Peduli Cagar Budaya

Dengan memohon ridho dari Alloh Tuhan yang Maha Esa,kami masyarakat peduli cagar budaya berikrar :

1.Dengan suka rela turut merawat dan menjaga cagar budaya di sekitar kita.

2.Dengan suka rela menjaga kebersihan di lingkungan di sekitar cagar budaya.

3.Dengan sukarela membantu mengawasi dan melaporkan jika terjadi kerusakan dan pengrusakan benda cagar budaya.

4.Dengan suka rela memberikan data jika di sekitar kita terdapat benda cagar budaya.

Acara ikrar peduli cagar budaya ini juga di meriahkan oleh penampilan kesenian gejog lesung dan tari gambyong pare Anom dari rumah budaya Kartasura.

Apresiasi juga di berikan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo yang di wakili oleh ATIK ARDIATI, S.Kom.

”Terima Kasih kepada para pemerhati cagar budaya yang ada di Kabupaten Sukoharjo khususnya di Kartasura yang sudah memprakarsai acara ikrar peduli cagar budaya. Jadi kita akan bersama-sama antara pemerintah dan komunitas peduli cagar budaya bersinergi untuk menjaga pelestarian cagar budaya yang ada di Kabupaten Sukoharjo khususnya di petilasan Keraton Kartasura ini, “ ujarnya.

Puncak dari acara ikrar peduli cagar budaya ini di meriahkan dengan penampilan kesenian tradisional Reog Ponorogo dari Makamhaji Kartasura. (**sena).

Redaksi

Recent Posts

Sambut Dirgahayu RI Dan HUT MARI Ke-79, PN Jak Pst Gelar Pekan Olah Raga 2024.

JAKARTA Kabar One.com : Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar pekan olahraga dijalan Bungur Raya Jakarta…

5 hours ago

Ketua Makamah Agung Syarifuddin didampingi Suharto Ke Mataram Kegiatan Pembinaan Teknis Administrasi Yudisial

JAKARTA Kabar One.com ; Ketua Makamah Agung Prof Dr H.M.Syarifuddin SH didampingi Wakil Ketua Makamah…

6 hours ago

PT KTM didemo ratusan sopir truk tebu , Evaluasi Keberadaan Perusahaan Pabrik Tersebut

Lamongan,Kabar One.com-Untuk kesekian kalinya para sopir Kecewa tebunya ditolak masuk pabrik, ratusan supir truk mendemo…

9 hours ago

UMK di Kotabaru Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan dari BPOM

KOTABARU,kabarOne.com- Kepala Loka POM Tanah Bumbu, Rahmat Hidayat menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan…

10 hours ago

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dr. Artha Theresia SH MH Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

JAKARTA KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. melantik dan mengambil…

1 day ago

Dugaan Pungli Pengurusan Berkas Sertifikat hak milik (SHM) di Sidomukti Terus Bergulir

LAMONGAN,Kabar One.com - Adanya pernyataan dalam proses jual beli tanah dengan modus sebagian tanah tak…

1 day ago