Daerah

Para Ibu Hamil Dijemput dan Diperiksa Dokter Spesialis, Terutama Resiko Tinggi

KOTABARU,kabarOne.com- PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin semakin intens melakukan pencegahan stunting melalui pemeriksaan USG pada ibu hamil resiko tinggi.

Acara ini dikemas dalam program Pengembangan dan Pemberdayaan (PPM) PT Arutmin Indonesia bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru yang dilaksanakan di Puskesmas Tamianggeronggang, Kamis (11/7/2024) pagi.

Pada pelaksanaan yang digelar ini, sebanyak 29 orang ibu hamil didatangkan dari berbagai Desa di Lingkar Tambang Senakin untuk mengikuti pemeriksaan, khusus yang dari Desa Tanjung Batu dilakukan penjemputan pulang pergi dengan menggunakan speedboat Arutmin.

Sebelum dilakukan pemeriksaan para ibu hamil diberikan penyuluhan kesehatan dan senam ibu hamil yang dibimbing oleh bidan-bidan Desa dari Puskesmas TamiangGeronggang.

Adapun bentuk layanan, yaitu, pemeriksaan kesehatan ibu hamil resiko tinggi dan USG gratis dari dokter spesialis kandungan dr. Iskandar Musgamy, M.Kes, SpOG dari Kotabaru dan pemberian suplemen/nutrisi bagi ibu hamil.

CDEA Superintendent Yudo Prakoso mengatakan, pencegahan stunting terhadap ibu hamil resiko tinggi sangat diperlukan guna deteksi dini terhadap kesehatan janin. Hulu persoalan stunting adalah kesehatan ibu usia produktif, terutama yang baru menikah, serta kesehatan dan perkembangan bayi yang dikandung pada saat kehamilan.

Para ibu hamil resiko tinggi sebagai sasaran program ini dan diharapkan menjadi agen perubahan dalam pencegahan stunting.

“Sinergi program dengan pemerintah ini sangat positif. Peran aktif ibu hamil sebagai sasaran program dan kesadaran tinggi perlunya deteksi dini kesehatan janin melalui pemeriksaan USG menjadi indikator keberhasilan program PPM ini,” kata Yudo.

Sebagai perusahaan di bidang pertambangan batubara, PT Arutmin Indonesia tetap berkomitmen mendukung program-program pemerintah dalam hal ini dalam upaya percepatan penurunan prevalensi stunting di Indonesia, khususnya di wilayah operasional perusahaan.

“Peningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar wilayah operasional menjadi prioritas utama tujuan program PPM di bidang kesehatan, pungkas Yudo.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

DOB Tanah Kambatang Lima, Arbani; Bupati Keluarkan Surat Persetujuan

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Dengar Pendapat (RDP) digelar oleh DPRD Kotabaru bersama TP2CK TKL tentang pemekaran daerah…

6 hours ago

Sambut Dirgahayu RI Dan HUT MARI Ke-79, PN Jak Pst Gelar Pekan Olah Raga 2024.

JAKARTA Kabar One.com : Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar pekan olahraga dijalan Bungur Raya Jakarta…

14 hours ago

Ketua Makamah Agung Syarifuddin didampingi Suharto Ke Mataram Kegiatan Pembinaan Teknis Administrasi Yudisial

JAKARTA Kabar One.com ; Ketua Makamah Agung Prof Dr H.M.Syarifuddin SH didampingi Wakil Ketua Makamah…

14 hours ago

PT KTM didemo ratusan sopir truk tebu , Evaluasi Keberadaan Perusahaan Pabrik Tersebut

Lamongan,Kabar One.com-Untuk kesekian kalinya para sopir Kecewa tebunya ditolak masuk pabrik, ratusan supir truk mendemo…

17 hours ago

UMK di Kotabaru Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan dari BPOM

KOTABARU,kabarOne.com- Kepala Loka POM Tanah Bumbu, Rahmat Hidayat menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan…

18 hours ago

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dr. Artha Theresia SH MH Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

JAKARTA KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. melantik dan mengambil…

1 day ago