News

IMM Allende Tingkatkan Keterampilan Jurnalistik Kader melalui Pelatihan Jurnalisme Digital Kreatif

SURABAYA, kabarOne.com – Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Allende Universitas Muhammadiyah Surabaya mengadakan acara Jurnallab Bidang RPK yang berkolaborasi dengan Bidang Medkom bertema “Jurnalisme Digital Kreatif” pada hari Sabtu (13/7/2024). Acara ini berlangsung di Gedung At-Tauhid Lt 9 UM Surabaya.

Acara ini menghadirkan dua pemateri, salah satunya adalah Fathan Faris Saputro. Ia yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Divisi Pustaka dan Informasi Majelis Pustaka Informasi dan Digitalisasi (MPID) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan, membahas topik kepenulisan berita.

Pria berusia 24 tahun ini membagikan berbagai trik menulis berita dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk langsung mempraktekkan ilmu yang telah diberikan. Dalam paparannya, menekankan bahwa semua orang bisa menulis berita. “Setiap peristiwa dan informasi bisa menjadi berita jika dikemas dengan baik dan menarik,” ujarnya.

Selain itu, penulis buku Luwesitas IMM ini juga menekankan pentingnya kecepatan dan ketepatan dalam menulis berita. “Di era digital ini, kecepatan menjadi kunci. Namun, kecepatan tanpa ketepatan hanya akan menimbulkan kesalahan dan kehilangan kepercayaan dari pembaca,” tambahnya. Ia juga mengingatkan peserta untuk selalu melakukan cek fakta sebelum mempublikasikan berita.

“Melalui kegiatan ini, para kader IMM bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis berita yang kreatif dan relevan dengan perkembangan jurnalisme digital saat ini. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membekali para kader dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi jurnalis yang profesional dan berintegritas,” harapnya.

Acara Jurnallab ini mendapatkan apresiasi tinggi dari para peserta yang merasa mendapatkan banyak ilmu baru serta inspirasi untuk mengembangkan kemampuan jurnalisme mereka. Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan dunia jurnalistik yang semakin berkembang di era digital. (Riki Ramadhan)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Sambut Dirgahayu RI Dan HUT MARI Ke-79, PN Jak Pst Gelar Pekan Olah Raga 2024.

JAKARTA Kabar One.com : Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar pekan olahraga dijalan Bungur Raya Jakarta…

4 hours ago

Ketua Makamah Agung Syarifuddin didampingi Suharto Ke Mataram Kegiatan Pembinaan Teknis Administrasi Yudisial

JAKARTA Kabar One.com ; Ketua Makamah Agung Prof Dr H.M.Syarifuddin SH didampingi Wakil Ketua Makamah…

5 hours ago

PT KTM didemo ratusan sopir truk tebu , Evaluasi Keberadaan Perusahaan Pabrik Tersebut

Lamongan,Kabar One.com-Untuk kesekian kalinya para sopir Kecewa tebunya ditolak masuk pabrik, ratusan supir truk mendemo…

8 hours ago

UMK di Kotabaru Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan dari BPOM

KOTABARU,kabarOne.com- Kepala Loka POM Tanah Bumbu, Rahmat Hidayat menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan…

9 hours ago

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dr. Artha Theresia SH MH Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

JAKARTA KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. melantik dan mengambil…

1 day ago

Dugaan Pungli Pengurusan Berkas Sertifikat hak milik (SHM) di Sidomukti Terus Bergulir

LAMONGAN,Kabar One.com - Adanya pernyataan dalam proses jual beli tanah dengan modus sebagian tanah tak…

1 day ago