Liputan Khusus

Miris…!!!Di Desa Cungkup Kartu ATM KKS Milik KPM  Di Kuasai Oleh Ketua kelompok

Lamongan,Kabar One.com– Program Bantuan Sosial di Desa Cungkup Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan diwarnai isu tak sedap dikalangan masyarakat. Hal ini, dipicu lantaran Kartu ATM Bansos yang sejatinya wajib dipegang oleh tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ternyata ditarik secara terstruktur dan sistematis. Diduga kartu tersebut ditahan oleh oknum ketua kelompok KPM yang ada di desa  selama ini ada pembiaran dari pihak perangkat Desa Cungkup .

Dampaknya, KPM sebagai pemilik kartu ATM tidak bisa leluasa menggunakan ATM tersebut secara mandiri justru seolah terwakilkan. Sesuai informasi yang didapatkan oleh Tim investigasi awak media.hal semacam ini berlangsung sudah lama . Kepala Desa Cungkup selama ada permasalahan ini seolah tutup mata dan tutup telinga.

Hal tersebut diungkapkan oleh Salah satu penerima kartu ATM mengatakan,
“Uang memang saya terima dalam setiap kali pencairan mas, cuma kami sebagai KPM seakan dikoordinir oleh mereka untuk melakukan pencairan ( Gesek kartu /) di agen yang mereka arahkan, kalau ATM mereka yang pegang. semua kartu menjelang pencairan di ambil oleh ketua kelompok.Salah satunya adalah IIN yang ada di Desa Cungkup dan Rus beserta dua orang lainnya. untuk administrasi gesek Kartu ATM senilai Rp.10 000.Jika ini tidak kami ikuti, kami sebagai masyarakat desa takut di hapus,” Ujar salah satu penerima bantuan.

Ketika di konfirmasi awak media Kabar One.com Selasa,(06/08/2024)salah satu Ketua kelompok KPM Iin mengatakan,” benar hari ini para penerima KPM ada pencairan.namun seperti baru besok bisa di gesek kartu ATM milik penerima karena baru ada instruksi.adapun biaya administrasi gesek kartu yakni Rp.5000,”ujar Iin ketika di konfirmasi seolah membela diri.

Setelah Gaduh pemberitaan Beberapa kartu ATM KKS Bank Himbara di kembalikan sebagian, namun masih ada beberapa KPM yang kartu ATM nya masih terindikasi dikuasai oleh ketua kelompok.

Terkait gaduhnya permasalahan tersebut mendapatkan tanggapan dari ketua Umum
Non Government organization jaring pelaksana antisipasi keamanan ( NGO JALAK) Amin Santoso mengatakan
“hasil puldata dan pulbaket di lokasi Desa Cungkup, menjelang pencairan ATM dikumpulkan, pas hari pencairan dibagikan dan di koordinir untuk diambil kartu ATM oleh Ketua kelompok termasuk Iin Cs yang mereka maksud.

“Sejatinya hal ini bertolak belakang dengan apa yang mereka inginkan. sudah jelas itu sebuah pelanggaran hukum.karena Ketua kelompok memegang kartu ATM dan barang tersebut milik orang lain itu jelas masuk ranah hukum . Kami memberikan saran agar tidak gaduh , mohon Kepala Desa menindaklanjuti dan memberhentikan oknum Ketua Kelompok tersebut.bila tidak ada tindak lanjut maka nanti segera kami laporkan ke pihak aparat penegak hukum biar ada efek jera dan jangan sampai terulang kembali nantinya. ,”ungkap Amin Santoso ( Anjani****).

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Kejari Jakut Tahan Eks Kepala BRI Unit Kebon Bawang Kasus Korupsi

Jakarta Kabarone.com,- Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara menahan tersangka berinisial…

5 hours ago

Mahkota Hakim dan Strategi Kehumasan Pengadilan

JAKARTA KABARONE : Secara singkat dapat dikatakan, putusan hakim jangan hanya menjadi berita buruk yang…

10 hours ago

Evaluasi Kinerja Camat Sekaran Layak di Pertanyakan Terkait Dugaan Intimidasi Terhadap Petani

Lamongan ,Kabar One.com- Camat Sekaran (Ahmad Kurniawan, S.STP., M.Si.) yang baru saja dipindah tugaskan dari…

13 hours ago

Terbukti Penipuan Uang Perusahaan Martinus Direktur CV.Nuansa Cemerlang Abadi Divonis 2 Tahun Penjara

Jakarta ,Kabarone.com,-Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, pimpinan Rudi Kindarto, didampingi hakim anggota Maryono…

14 hours ago

Petani  Diminta Kawal 6 Point Hasil Rapat Tindak Lanjut Permasalahan Fungsi Rawa Sekaran

Lamongan,Kabar One.com- Terkait aksi demo yang viral terkait Permintaan para Pendemo untuk bongkar Tambak liar…

18 hours ago

Ketua DPRD Kotabaru Bangga Peringati HUT RI ke-79 di Perkantoran Baru

KOTABARU,kabarOne.com- Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mengucapkan rasa syukur bisa kembali memperingati HUT Kemerdekaan RI…

21 hours ago