News

KKN Angkatan 3 STKIP Muhammadiyah OKUT Ajarkan Peduli Ekologi Ubah Limbah Sampah jadi Produk Ekonomi Kreatif

OKU Timur ,Kabar One.com- Mahasiswa STKIP Muhammadiyah OKU Timur melaksanakan beberapa program kegiatan dalam rangka pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pada KKN angkatan 3 STKIP Muhammadiyah OKU Timur Kelompok 3 dibimbing langsung oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Ibu Indianasari, M.Pd.

KKN angkatan 3 STKIP Muhammadiyah OKU Timur ini selain menjalankan program kerja di masyarakat, aktif juga melakukan penghijauan di kampus dan menanam pohon, membuat pagar merah putih guna memperindah kampus.

Ketua Kelompok 3 KKN Angkatan 3 STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Dwi Hutomo mengatakan dengan adanya kegiatan KKN ini kami banyak belajar, lebih peduli lingkungan (ekologi). Ada program yang dijalankan diantaranya memanfaatkan limbah plastik, koran dan sampah menjadi pupuk.

Memanfaatkan limbah plastik tutup botol dan koran menjadi barang bernilai ekonomi. Kemudian melaksanakan praktik pembuatan pupuk kompos organik dari sampah, dan kohe sapi.

“Semoga dengan dilaksanakan kegiatan KKN ini dapat meningkatkan pemikiran dan pengembangan potensi, ketrampilan, yang dapat bermanfaat untuk semua. Pembuatan pupuk organik, dan pemanfaatan limbah plastik maupun koran menjadi bukti Mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah OKU Timur sangat memperhatikan aspek ekologi,” terang Dwi pada awak media pada Senin (26/08/2024).

Sementara itu Sekretaris I Kelompok 3 KKN Angkatan 3 STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Nelli Suci Rahayu mengatakan tujuan utama membuat pupuk adalah untuk menciptakan produk pupuk yang ramah lingkungan dan berkelanjutan yang dapat digunakan untuk menjaga dan meningkatkan unsur hara tanah dan meningkatkan produksi pertanian, selain itu juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di industri pertanian dan manufaktur.

Sedangkan pemanfaatan barang limbah Plastik dan koran bekas bertujuan untuk mengurangi limbah, juga dampak negatifnya terhadap lingkungan. Limbah diolah menjadi produk bernilai ekonomi ini kedepannya jadi solusi menjaga keasrian lingkungan dan solusi lapangan pekerjaan baru jika ditekuni, dan konsisten.

“Kekompakan dan kreativitas pada KKN ini sangat penting dalam menjalankan program kerja kami, penting sekali dalam pengelolaan limbah plastik maupun koran bekas jadi produk bernilai ekonomi, dan tentunya sampah organik yang bisa dimanfaatkan jadi bahan pembuatan pupuk organik. Dari produk limbah melalui kreativitas bisa bernilai jual, bernilai tambah,” ujar Nelli pada awak media pada Senin (26/08/2024).

 

“Harapan dukungan dari berbagai pihak diantaranya pihak kampus dan pemerintah kedepannya giat KKN ini cikal bakal ide kreatif dalam solusi menjaga lingkungan, dan berkelanjutan menyediakan lapangan kerja dengan mendirikan UMKM Ekonomi Kreatif,” tutupnya.

Adapun Tim Kelompok 3 KKN angkatan 3 STKIP Muhammadiyah OKU Timur diantaranya: Dwi Hutomo (Ketua), Deni Bagastara (Wakil), Nelli Suci Rahayu (Sekretaris I), Yuni Setia Ningsih (Sekretaris II), Ellya Rahma (Bendahara I), Reviyanti Aditya (Bendahara II), Dokumentasi: Wayan Bagus Sudarme, Hendrik Prayitno, Siti Sholeha, Lisa Haqiqul Zana, dan Anggi Puspita Sari, Anggota: Musrifah, Heni Farida, Firdaul Mudrikah, dan Cantryka Retno Fourlia. (Penulis: Prely)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

11 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

12 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

13 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

15 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

21 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

21 hours ago