Categories: Wisata

Ingin Pariwisata Jakarta Sehebat Singapura, Rizal Ramli Panggil Gubernur DKI dan Menpar

Kabarone.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) dan Menpar Arief Yahya mendatangi Kantor Menko Kemaritiman Rizal Ramli di Komplek Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (19/8) sekitar pukul 11.30 WIB.

Kedatangan Ahok dan Menpar itu terkait keinginan Menko Kemaritiman Rizal Ramli agar pariwisata DKI Jakarta sehebat Singapura serta mengembangkan Business Tourism di Jakarta. Menurut Rizal, Singapura punya brand image yang kuat sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. Sehinnga dirinya ingin merancang imej Jakarta menjadi kota wisata seperti yang dilakukan oleh Singapura hingga Maladewa.

“Pertemuan dengan Gubernur DKI sebagai tindak lanjut pertemuan saya dengan Kementerian Pariwisata kemarin. Kami ingin kembangkan pariwisata Jakarta dengan lebih fokus,”  kata Rizal saat memimpin rapat koordinasi bersama Gubernur DKI dan Kemenpar tersebut.

Selain itu, Rizal Ramli mengungkapkan ingin menjadikan Jakarta sebagai pusat pengembangan wisata budaya hingga kuliner.

“Jakarta kita sepakat untuk business tourism, art tourism, dan culinary tourism. Orang datang ke Jakarta untuk bisnis satu dua hari, nah ada pilihan tourism singkat. Presiden sangat mendukung pengembangan wisata maritim di Kepulauan Seribu,” ujarnya.

Untuk mendukung program pegembangan pariwisata di Jakarta tersebut, menurut Rizal pemerintah pusat akan membangun infrastruktur pendukung seperti penyediaan pasokan listrik di Kepulauan Seribu, serta merencanakan pembangunan pulabuhan kapal pesiar.

“Kami juga ingin bangun pelabuhan lebih besar supaya bisa didarati kapal lebih besar hingga yacht. Kita lanjutkan dengan task force, konkrit akan bangun berapa besar, budget-nya berapa,” paparnya.

Sementara itu, menurut Menpar Arief Yahya sebenarnya sudah ada konsep untuk mengembangkan pariwisata tersebut. Bahkan konsep tersebut sudah digaungkan sejak zaman Menko Kemaritiman Indroyono Susuilo yang digeser Rizal Ramli. Bahkan kalau mau lebih dari yang diminta Rizal Ramli, Menpar Arief Yahya juga mengatakan sudah ada konsep pembangunan pariwisata yang dinamakan Greater Jakarta.

“Mengembangkan business tourism artinya ada elemen MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) yang kuat. Misalnya saja aneka ruang konvensi kelas dunia. Jakarta sudah siap untuk itu. Kalau mau menjual di luar itu, ada konsep Greater Jakarta. Jakarta akan menjual juga daerah,” jelas Arief Yahya. (Dc/Rd)

redaksi

View Comments

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Kembangkan Bisnis di Indonesia, APTIKNAS Gelar Pameran Growtec pilihan yang tepat untuk masyarakat melihatnya

Jakarta ,Kabar One.com-Growtech Jakarta dan ProPak Indonesia didukung oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan berbagai…

4 hours ago

Pagelaran Wayang Kulit Momentum HUT M.A ke79 memaknaknai Cerita lakon Wahyu Cakraningrat.

JAKARTA, KABARONE :Acara Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk Sabtu malam tgl 31 Agustus 2024 sangat…

4 hours ago

Menyemarakan HUT MARI Ke 79 Pagelaran Wayang kulit Catatkan Rekor Muri Ki Dalang Dr Yanto Sampai Luar Negeri

JAKARTA,Kabar One.com : Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 79 Mahkamah Agung RI Tahun…

7 hours ago

.Polres Jakarta Timur Belum Ungkap Dugaan Pembunuhan, Keluarga Korban Minta Kepastian Hukum Ke Kapolri

Jakarta ,Kabarone.com,-Keluarga korban orang hilang meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri RI) Sulistyo Sigit Prabowo,…

9 hours ago

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

15 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

1 day ago