Bulungan Dapat Tambahan Listrik 2,4 MW

Kabarone.com, Bulungan (Kaltara) – Pj. Bupati Bulungan, Syaiful Herman mengungkapkan, Kabupaten Bulungan dipastikan mendapat tambahan daya listrik sebesar 2,4 MW setelah adanya penandatanganan perjanjian jual beli kelebihan listrik antara PT PLN Wilayah Kaltim – Kaltara dengan PT Sumber Alam Sekurau (SAS).

“Ada Universitas Kaltara di Tanjung Selor yang sudah selesai dibangun 5 lantai dengan fasilitas lift namun belum bisa digunakan karena pasokan listrik belum tersedia,” ungkapnya.

Selanjutnya, Pemprov Kaltara juga sedang membangun 3 gedung kantor juga memiliki lift yang tentu membutuhkan daya listrik. Ditambah rencana pembangunan pelabuhan internasional di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur. Ada pula sebanyak 650 jaringan listrik yang membentang dari Tanjung Selorke Tanah Kuning yang sudah siap dan tinggal disambung daya listrik. Sementara di Tanjung Selor yang juga ibu kota Provinsi Kaltara juga memiliki rumah sakit dan rencana pembangunan hotel-hotel.

“Tanpa dukungan listrik ini bisa diibaratkan anak ayam mati di lumbung padi,” katanya.

Dijelaskan, Kabupaten Bulungan memiliki potensi besar mulai dari ketersediaan air, minyakdan gas bumi namun semua itu tidak bisa berkembang optimal sehingga harus didukung dengan sumber energi listrik. Ia pun berharap, kedepan pasokan listrik dapat ditambah hingga 4 MW agar bisa semakin menjangkau 10 kecamatan se-Bulungan. Apalagi perjanjian antara PLN dengan PT SAS yang berlangsung selama 1 tahun dapat terus diperpanjang di tahun-tahun berikutnya.

“Kita terus berupaya semua masyarakat Bulungan dapat menikmati layanan listrik,” tandasnya.

Presiden Direktur PT SAS, Jeffrey Mulyono menambahkan, pembangkit listrik berkapasitas 1 x 7,5 MW di Tanjung Selor merupakan pembangunan tahap pertama, di mana kelebihan listrik sebesar 2,4 MW akan disalurkan ke jaringan transmisi PLN untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk diketahui, daya listrik PT PLN Bulungan saat ini mencapai 9,27 MW sementara beban puncak sudah mencapai 9,09 MW sehingga dapat dikatakan kapasitas listrik di Bulungan saat ini tergolong kritis.

“Bila pembangkit listrik tahap pertama ini dapat memenuhi persyaratan PT PLN, kita juga berencana membangun pembangkit tahap kedua juga berkapasitas 1 x 7,5 MW,” ungkapnya.

Penandatanganan perjanjian jual beli kelebihan listrik atau excess power berlangsung di Ruang Rapat General Manager (GM) PT PLN Wilayah Kaltim – Kaltara di Balikpapan pada Jumat (23/10), yang turut dihadiri Pj. Bupati Bulungan serta penandatanganan perjanjian antara GM PT PLN Kaltim – Kaltara, Tohari Hadiat dan Presdir PT Sumber Alam Sekurau, Jeffrey Mulyono. (Gian-Mudi/Hms)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Menyemarakan HUT MARI Ke 79 Pagelaran Wayang kulit Catatkan Rekor Muri Ki Dalang Dr Yanto Sampai Luar Negeri

JAKARTA,Kabar One.com : Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 79 Mahkamah Agung RI Tahun…

3 hours ago

.Polres Jakarta Timur Belum Ungkap Dugaan Pembunuhan, Keluarga Korban Minta Kepastian Hukum Ke Kapolri

Jakarta ,Kabarone.com,-Keluarga korban orang hilang meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri RI) Sulistyo Sigit Prabowo,…

5 hours ago

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

11 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

24 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

1 day ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

1 day ago