Categories: MetropolitanRegional

Warga RW 17 Duren Sawit Serahkan 90 Hektar Lahan Kosong ke Pemprov DKI Untuk Dijadikan Fasos

 

Kabarone.com, Jakarta – Sungguh mulia niat warga masyarakat yang bermukim di RW.017, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Kota Administrasi Jakarta Timur ini. Bagaimana tidak? disaat Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta sedang gencar-gencarnya mengembangkan program Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) dan lahan resapan air guna antisipasi banjir, dengan keterbatasan lahan yang dimiliki oleh Pemda, justru masyarakat RW 017 dengan ikhlasnya memberikan 90 Ha lahan kosong alias tak bertuan yang menjadi satu kesatuan tersebut, kepada Pemda, agar dapat digunakan untuk kemaslahatan.

Keberadaan tanah yang awalnya merupakan hasil pembebasan dari TNI-AL dan diberi nama tanah kaveling  AL, kemudian diberikan gratis kepada para anggotanya, yang akhirnya menjadi milik pribadi. Sementara tanah seluas 90 Ha menjadi lahan kosong tak berpenghuni, malah menjadi tempat pembuangan sampah liar.

Hal ini disampaikan ketua RW.017 H.Yudi Waluyo Hadi, saat diwawancarai dikediamannya, Jum’at (26/8). “Tanah kosong seluas 90 Ha itu telah kami serahkan ke Pemda DKI agar digunakan sebagai fasos-fasum, namun hingga sekarang pihak Pemda masih belum mau menerimanya. Kami khawatir lahan kosong yang cukup luas itu akan terlantar dan dikuasai oleh oknum tertentu. Lihat saja saat ini malah digunakan sebagai tempat pembuangan sampah liar oleh warga lain,” kata H.Yudi Waluyo Hadi, yang telah 3 periode dipercaya warga sebagai ketua RW.017.

Menurutnya, lahan kosong tersebut dapat dimanfaatkan sebagai RPTRA, sekolah, resapan air, atau untuk apapun asal bermanfaat bagi masyarakat luas. Sebagamana diketahui, ada sekitar 1.500 kepala keluarga bermukim di wilayah RW.017 yang menyebar di 11 RT.

Tanpa adanya soliditas, kepedulian lingkungan dan sinerjitas antar warga, tentu tidaklah mudah dalam mengayomi, membina dan mengarahkan seluruh warganya untuk turut berpartisipasi aktif mendukung seluruh program Pemda DKI berjalan sukses dan aman. Sebagaimana selama ini telah terjalin dengan sangat baik, dibawah pimpinan H.Yudi Waluyo Hadi, sosok yang dikenal ramah, cerdas, peduli dan agamis ini.

Ia menyayangkan komplek kimia farma yang merupakan bagian wilayah RW.017, masih sering terkena banjir. Hal ini dikarenakan saluran airnya terlalu kecil.

“Saya berharap kepada Dinas terkait agar membantu melakukan pelebaran saluran air tersebut, sehingga diharapkan tidak terjadi lagi banjir dikemudian hari,” ungkapnya.

Sekedar informasi, RW.017 terpilih sebagai juara RW terbaik se-Kelurahan Duren Sawit untuk katagori kebersihan dan kekompakan pada perayaan HUT RI ke-71, yang diadakan oleh pihak Kelurahan.

“Saya sangat mengapresiasi Lurah Duren Sawit Didik Diarjo, SE, atas kinerja dan inovasinya kepada para warga, sehingga terasa diayomi, penuh kekeluargaan dan kompak,” tutur H.Yudi Waluyo Hadi, yang juga ketua Yayasan Al-Hikmah dan telah dikaruniai 5 putra serta 3 cucu ini, Iapun turut menghimbau kepada seluruh warga RW.017 khususnya dan Duren Sawit umumnya,  agar terus mendukung seluruh program Pemda DKI Jakarta. (DENY)

 

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

5 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

7 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

7 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

14 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

19 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago