Categories: DaerahRegional

Ribuan Masyarakat Bulungan Antusias Ikuti Apel Kebersamaan Nusantara Bersatu

Kabarone.com, Bulungan – Sebagai bentuk dukungan gerakan Nusantara Bersatu yang dicanangkan Panglima TNI, ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat mulai dari kalangan pelajar, tokoh pemuda, tokoh agama, paguyuban, wakil rakyat hingga para pegawai pemda antusias memenuhi Lapangan Agathis, Tanjung Selor pada Rabu pagi (30/11).

Sebelumnya, Bupati Bulungan H. Sudjati, SH, meminta seluruh pegawai Pemkab Bulungan untuk turut dalam apel kebersamaan Nusantara Bersatu tersebut.

“Saya meminta para pegawai Pemkab Bulungan untuk hadir pada apel kebersamaan Nusantara Bersatu sebagai wujud persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bulungan,” ucap Bupati Bulungan, H Sudjati, SH, saat memimpin apel HUT Korpri ke 45 di halaman Kantor Bupati Bulungan pada Selasa (29/11) pagi.

Gerakan Nusantara Bersatu yang dicanangkan pada 30 November 2016 ini juga berlangsung serentak di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Gerakan ini dicanangkan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmatyo setelah melihat adanya potensi ancaman terhadap persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Panglima TNI mengajak para kepala daerah agar mengumpulkan seluruh elemen masyarakat di lapangan terbuka dengan mengenakan ikat kepala Merah Putih.

“Mari kita semua anak bangsa bersatu. Tunjukkan dengan ikat kepala Merah Putih dengan judul Nusantara Bersatu, temanya Indonesia Milikku, Indonesia Milikmu, Indonesia Milik Kita Bersama, itulah Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap Panglima TNI belum lama ini.

Selain mengenakan ikat kepala Merah Putih, para peserta apel kebersamaan di Lapangan Agathis juga menampilkan berbagai macam pakaian adat sebagai lambang keberagamaan di dalam masyarakat. Ada pula penampilan tari daerah Jepen yang merupakan lambang kebersamaan di Kabupaten Bulungan.

Beberapa tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga wakil rakyat tak ketinggalan menyampaikan orasi bertajuk Nusantara Bersatu yang intinya menegaskan Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya, saling menghormati antar agama serta hidup damai dan bersatu dalam perbedaan. Perwakilan berbagai elemen termasuk di dalamnya Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala juga menyatakan komitmennya secara tertulis mendukung Nusantara Bersatu. (Mudi)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

10 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

10 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago