Categories: DaerahRegional

Forum Asosiasi UPK DAPM Kabupaten Kotabaru Gelar Rakor

Kabarone.com, Kotabaru- Forum Asosiasi UPK Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kabupaten Kotabaru gelar rakor bersama dengan menghadirkan BPUPK, BKAD, dan UPK tingkat Kecamatan bertempat di Bincau Bakhitah Desa Sei Taib Kabupaten Kotabaru Rabu 8/8/2018.

Rakor DAPM di hadiri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Kabupaten Kotabaru sekaligus menjalin sinergisitas antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Forum Asosiasi Unit Pengelola Keuangan (UPK) Kabupaten Kotabaru.

Hadirmya BPJS- TK tujuanya untuk memberikan perlindungan ketenagakerjaan karena merupakan salah satu bagian dari hak seluruh pekerja, baik pekerja penerima upah (PU) maupun pekerja bukan penerima upah (BPU).

Ketua Forum Asosiasi UPK Dapm Kabupaten Kotabaru Muhammad Rivani, SE mengatakan, rakor yang di gelar hari ini merupakan agenda Forum Asosiasi UPK untuk seluruh UPK yang ada di Kecamatan. Sekarang UPK di anggap sudah berhasil sehingga bisa menganggarkan masing-masing untuk setiap kegiatan dan UPK saat ini berdiri sendiri dan sudah berbadan hukum, ujar Rivani.

Tentang kemajuan atau keberhasilan UPK yang ada di Kecamatan masing-masing karena mana tidak mungkin UPK itu bisa berjalan dengan baik kalau tidak ada dukungan dari ke lembagaan, karena sekarang UPK di wajibkan berbadan hukum. Jadi bagi UPK yang belum berbadan hukum untuk wilayah kabupaten Kotabaru kami harapkan atas forum Asosiasi apa yang saat ini menjadi kendala akan kita pecahkan bersama, tambahnya.

Saat ini di kabupaten Kotabaru ada 15 UPK yang masih aktif yang kini dapat di rasakan manfaatnya oleh anggota simpan pinjam perempuan (SPP), awalnya UPK dulu bernama PPK dan berubah menjadi UPK setelah itu merubah lagi menjadi UPK DPAM setelah berbadan hukum dan berdiri sendiri, adapun sumber dana gabungan dari APBN dan APBD kabupaten.

Sekarang nasabah simpan pinjam perempuan di sarankan menjadi peserta BPJS- TK dengan sistem langsung di potong dari pinjaman maupun bayar sendiri, tergantung kesepakatan UPK dan nasabah, bisa di bayar langsung 1 tahun atau tiap bulan karena kelebihan BPJS- TK bagi nasabah tidak merugikan, ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Cabang Perintis (KCP) BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Kotabaru Aris Priyo Wibowo melalui RO Donny Triyanto mengatakan, BPJS- TK mempunyai 4 program, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun, kalau jaminan pensiun di peruntukan untuk perusahaan sekala besar. Sedangkan untuk jaminan tenaga kerja , ketika tenaga kerja berangkat dari rumah dan balik lagi ke rumah itu di tanggung oleh jaminan kecelakaan kerja, besarnya tanggungan anlimitid dan tidak ada biaya asalkan benar-benar si pekerja kecelakaan karena kerja dan bukan kecelakaan lainya, ucapnya.

Jika peserta UPK sudah menjadi peserta BPJS- TK dan meninggal dunia karena kecelakaan kerja maka akan mendapatkan Rp. 24000.000 dan untuk kreditur pembayarannya bisa di lunasi, sedangkan untuk iuran BPU 2 program sebesar Rp. 16.800/bulan untuk 1 orang yang bekerja dan untuk 3 program sebesar Rp. 36.600/bulanya, jika terjadi apa-apa dalam 1 tahun maka BPJS- TK yang akan menanggung dan pasti di bayarkan akan tetapi asalkan iuran selalu di perhatikan atau di bayar, jelasnya.(Hrp)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

10 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

10 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

11 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

13 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

19 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

19 hours ago