Categories: DaerahRegional

Penyaringan Pengangkatan Perangkat Desa Bangle Diduga Ada Konspirasi Dinasti Juga Kebocoran Soal

Kabarone.com,Lamongan – Desa Bangle Kecamatan Sukorame Lamongan Jawa Timur. Desa yang berpenduduk 1.600 jiwa/2017, yang terdiri dari 3 Dusun, yaitu Dusun Putuk, Dusun Kedungpoh dan Dusun Bangle sendiri, dengan jumlah 8 Rukun Tetangga (RT) dan 3 Rukun Warga (RW). Saat ini menggelar Pelaksanaan penyaringan pengangkatan Perangkat Desa Kepala Dusun Bangle yang di warnai dengan adanya dugaan anggapan miring rumor di masyarakat bahwa ada indikasi konspirasi Dinasti di Desa Bangle dan jelas – jelas adanya dugaan praktek KKN, hal ini patut disayangkan. Rabu, (27/3/2019).

Pelaksanaan ujian tulis calon Kepala Dusun tersebut diikuti oleh 5 peserta, diantaranya Lutfi Pangesti, Koirul Nilawati, Surya Nurma Aguan, Puguh Lumayan, Tri Nurmi Santika Bela. ” Dengan soal ujian terdiri dari enam bidang studi yang meliputi: Agama, Pendidikan Pancasila dan UUD 1945, Pemerintahan/ Pemerintah Desa, Pengetahuan Umum, Perkantoran, dan Tekhnologi Informasi (TI ), masing-masing terdiri dari 50 soal. Peserta ujian dengan batas usia 20-42 tahun, dan berijazah minimal SLTA sederajat.

” Sementara, M-N salah satu warga setempat mengatakan”, sebelumnya, telah dibentuk kepanitiaan dengan 5 orang panitia, (3 orang Perangkat desa, Ketua RW dan Ketua LPM). Saat diibuka pengumuman pada tanggal 8 maret 2019 dan penutupan 21 maret dari semua calon langsung daftar. Ada dugaan kalau ndk ada calon, maka calon akan diisi oleh Khoirul Nilawati sebagai calon untuk menutup pendaftaran. Namun, pihak panitia juga sempat kaget karena tiba – tiba calonnya banyak dikira seperti pencalonan Sekretaris Desa sebelumnya cuma Toni Hanafi bersama saudara misannya pada 12 Mei 2017 tahun lalu. Saat ini tahapan-tahapan nya diduga kurang transparan dan panitia seakan akan menutup info tersebut. Ironis, lebih – lebih rumor di masyarakat ada dugaan soal sudah bocor dan dimiliki oleh salah satu calon peserta yang mengikuti ujian seleksi tersebut.

Sangat memperihatinkan sekali dan benar – benar sangat disayangkan, kalimat ini yang menjadi buah bibir dan rumor yang berkembang di masyarakat atas pelaksanaan penyaringan pengangkatan Perangkat Desa Kepala Dusun Bangle saat ini. ” Informasi dari Kepala Desa (Kades) direncanakan akan segera di lakukan ujian dan info tersebut tak disampaikan secara transparanan.

Mirisnya lagi, terdengar kabar yang beredar di masyarakat, untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Dusun (Kasun) Bangle terindikasi bahwa Kepala Desa (Kades) Bangle sudah mempunyai calon yang diusung (calon jadi), awal dibukanya pendaftaran sudah terdengar kabar, bahwa sudah ada calon yang diusung sebagai Kepala Dusun”, ujarnya.

” Untuk masing – masing calon peserta ujian dalam Pelaksanaan penyaringan pengangkatan Perangkat Desa Kepala Dusun Bangle hubungan perkerabatan, diantaranya Lutfi Pangesti, diduga (Calon jadi ada MoU dengan Kades), adalah anaknya Mulyo Kaur perencanaan Desa Bangle, Koirul Nilawati, adik iparnya Mulyo (Bulek dari Lutfi Pangesti), Surya Nurma Aguan, temannya ketua panitia cuma sudah tdk harmonis hubungan nya, diduga ada permasalahan pribadi, Puguh lumayan, keponakan mantan Kepala Desa Bangle yang dulu, dan Tri Nurmi Santika Bela, adik kandung Surya Nurma Aguan. Ketua Panitia Pelaksanaan penyaringan pengangkatan Perangkat Desa Kepala Dusun Bangle Toni Hanafi juga merupakan anak dari Kades bangle.

Perlu diketahui, bahwa Mulyo adalah sebagai Kaur perencanaan di Desa Bangle dan adiknya Mulyo yang bernama Sulis juga sebagai Kasi pelayanan Desa Bangle juga suami Sulis sebagai anggota BPD. Koirul Nilawati (calon Perangkat Desa/Kepala Dusun) juga sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Lebih lanjut, Saudaranya Mulyo yang bernama Muktiman juga sebagai anggota BPD.

” Mulyo yang sebagai Kaur perencanaan di Desa Bangle yang sekan akan pencetus untuk menorehkan sebuah cerita sejarah Desa Bangle sebagai Dinasti Bangle. Rumor masyarakat atas digelarnya Pelaksanaan penyaringan pengangkatan Perangkat Desa Kepala Dusun Bangle masyarakat ndk setuju karena terkesan ada konspirasi Dinasti di Desa Bangle.”, juga di tambahkan oleh S-I warga Bangle Sukorame tersebut.

Dalam hal ini Toni Hanafi Ketua panitia dalam Pelaksanaan penyaringan pengangkatan Perangkat Desa Kepala Dusun Bangle juga sebagai Sekretaris Desa tersebut saat dikonfirmasi Wartawan belum memberikan keterangan yang jelas, termasuk juga Sutawi Kepala Desa Bangle Kecamatan Sukorame yang juga Bapaknya Sekretaris Desa Toni Hanafi tersebut”,pungkasnya (Pul/Ian/As).

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

3 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

16 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

16 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

17 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

19 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

1 day ago