Bandara Tanjung Harapan Sudah Bisa Didarati Pesawat ATR-72

Daerah, Regional1,837 views

Kabarone.com, Bulungan – Bandara Tanjung Harapan sudah bisa didarati pesawat jenis ATR-72. Pasalnya Panjang landasan pacu Bandara Tanjung Harapan yang berada di Tanjung Selor, Bulungan itu saat ini tercatat sudah 1.400 meter. Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie pun menyatakan, bakal melayangkan surat kepada maskapai penerbangan terkait rute penerbangan. Namun demikian menurutnya, masih harus menunggu pernyataan dari otoritas bandara, karena terkait keselamatan penerbangan.

“Nanti kami koordinasikan lagi soal itu. Kalau sudah ada pernyataan dari otoritas bandara nanti gubernur menulis surat ke Menteri Perhubungan dan maskapai penerbangan, setelah diresmikannya terminal di Bandara Juwata. Nanti juga saya tulis surat ke Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink dan lainnya,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Gubernur juga mengatakan, selain otoritas bandara juga terkait kesiapan pihak bandara, masih perlu disiapkan untuk navigasi dan personelnya. Irianto juga menyatakan akan secara bertahap dilakukan pembangunan sisi darat bandara.

Menurutnya tahun depan, landasan pacu Bandara Tanjung Harapan direncanakan menjadi 1.600 meter. Sementara dalam master plan, landasan pacu bandara ini akan diperpanjang hingga 2.500 meter.

Pesawat Wings Air juga dikabarkan sudah bisa mendarat di Bandara Tanjung harapan tahun depan, karena landasannya sudah 1.400 meter. Namun, untuk pesawat ATR 72-600 milik Garuda Indonesia baru mau mendarat jika landasan pacunya sudah 1.600 meter. Tentu ini akan sangat membantu dan mempermudah urusan pemerintahan dan perekonomian masyarakat, karena tidak perlu ke bandara lainnya seperti di Tarakan atau Berau. (Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *