Kepala Desa Mukhtar,Fungsikan Balai Desa Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Daerah, Regional735 views

Lamongan,Kabarone.com – Kepala desa Karang Kecamatan Sekaran Mukhtar S.E mendorong seluruh warga masyarakatnya untuk lebih kreatif dan inovatif menciptakan program-program baru. Di program kerja nya di periode ketiga nya ini sebagai Kepala desa, Salah satunya dengan menambah fungsi balai desa menjadi sentral publik yang lebih hidup dan balai desa sebagai wajah kemajuan desa karang.

“Selain kantor bagi petugas desa, balai desa ke depan harus bisa menjadi pusat aktivitas dan tempat berkumpulnya warga, menjadi pusat aktivitas warga. Khususnya menjadi sentra berkumpul warga, pembinaan ketrampilan pemuda pemudi dan area bermain anak,” katanya,Rabu (4/3).

Mukhtar melanjutkan, fasilitas dan infrastruktur desa, khususnya di kantor desa harus bisa dioptimalkan untuk kegiatan pemberdayaan warga juga. Untuk itu,saya mengimbau kepada seluruh warga Karang agar lebih kreatif membikin kegiatan yang melibatkan warga.

Misalnya, menggelar pelatihan maupun kegiatan pemberdayaan yang dijadwal rutin di balai desa.Lalu membuat kerajinan ataupun kelompok masyarakat (Pokmas) atau karang taruna hal ini juga bisa menjadi pusat kajian peningkatan ekonomi pemuda dalam usaha nya untuk ber inovasi membuat program pemberdayaan yang terhubung dengan program desa.

“Jika di balai desa digelar seperti itu,Pokmas atau karsng taruna tidak perlu lagi repot lagi mengeluarkan anggaran sendiri karena bisa bisa memanfaatkan ruang-ruang kosong yang ada di balai desa. Dengan begitu, balai desa tidak sekedar menjadi kantor bagi petugas desa, tapi juga menjadi balai budaya, penelitian dan pengembangan ekonomi warga selain tempat berkumpulnya warga karang, Sehingga semangat keguyuban dan gotong royong, dan kebersamaan tetap terjalin kuat di desa,” tuturnya.

“Balai desa yang dipenuhi dengan aktivitas sosial dan ekonomi ketrampilan warganya, merupakan salah satu indikator Smart Kampung yang dikembangkan,” imbuhnya.

Selain itu,Mukhtar kembali meminta agar perangkat desanya terus meningkatkan pelayanan publik, dan bisa menyelesaikan berbagai permasalah sosial di wilayahnya.

Mukhtar menambahkan,”Terkait Bumdes pemberdayaan kolam tumpang Hidroponik budi daya Lele itu untuk hasil inovasi warga Karang yang diharapkan kedepannya ada di setiap pekarangan rumah warga desa karang, hal ini di harapkan meningkatkan perekonomian warga desa Karang.

“untuk membuat kolam tersebut mereka bisa mengajukan dana kolam Lele Hidroponik tersebut secara kelompok dan di ambilkan dari pinjaman lunak dana Bumdes”,terangnya.

Imbuh kades karang muktar, “Ke depannya dari hasil budidaya Lele tersebut untuk kelompok perempuannya desa Karang akan ada pelatihan untuk ketrampilan membuat kripik dan Abon Lele, dan tanaman hidroponik nya bisa di jual sebagai bibit tanaman atau ditanam di lahan mereka sendiri”.

“Saya selalu siap mendukung program-program desa. Setiap program yang dibuat akan mengacu pada program di desa, sehingga sinkron semua mulai atas hingga bawah,” pungkasnya.(F2/ian/rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *