Categories: Daerah

Ansor Sukodadi Lakukan Studi Lingkungan dengan Gowes

Lamongan,Kabarone.com – Dalam rangka membentuk kader tanggap dan peduli lingkungan komunitas Gowes Ansor Sukodadi (GAS) pagi ini melakukan studi lingkungan. Kegiatan ini merupakan event rutin yang dilakukan oleh para pemuda yang tergabung dalam GAS, sebuah komunitas yang lahir dari PAC GP. Ansor Sukodadi.

Sebagai upaya untuk menjalin ukhuwah serta memperkuat solidaritas antar pengurus dan anggota Ansor pagi ini (Minggu, 6/9/2020) dimulai road show dari desa ke desa dengan memakai media sepeda/gowes, selain bertujuan mengenal lingkungan gowes ini juga sebagai wujud meningkatkan kesehatan dengan jalur olahraga.

Pukul 06.00 WIB para peserta berkumpul di titik yang ditentukan di kantor MWC NU Kecamatan Sukodadi di Jl. Raya Talun Desa Sidogembul. Sebelum peserta GAS berangkat menuju rute yang ditentukan para peserta di berikan pengarahan oleh ketua PAC GP. Ansor Sukodadi; Ahmad Faudzun Adzim dan doa sekaligus pemberangkatan oleh Tanfidyah MWC NU Sukodadi; Adnan Kohar.

Gowes merupakan kegiatan bersepeda yang akhir – akhir ini marak dilakukan oleh komunitas manapun. Tak terkecuali oleh komunitas Gowes Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Sukodadi.

Ansor Sukodadi mencoba menciptakan GAS itu beda dengan komunitas gowes pada umumnya, tidak hanya sekedar trend belaka, Gowes kali ini diisi dengan kegiatan belajar tentang penataan lingkungan di Desa yang menyabet Juara K3 (Kebersihan, Keindahan, Keamanan) Tahun 2019 di Kecamatan Sukodadi Lamongan.

Desa Tlogorejo Sukodadi Lamongan, tepatnya Dusun Belok merupakan juara 1 lomba K3 (Kebersihan, Keindahan, Keamanan) Tahun 2019 di Kecamatan Sukodadi Lamongan.

GP. Ansor adalah bagian dari elemen kepemudaan dan agen perubahan di daerah masing-masing masing-masing maka penting untuk dapat menciptakan lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman. “Kader Ansor merupakan bagian dari masyarakat di masing-masing Desanya, sehingga perlu menjadi penggerak dalam mewujudkan lingkungan yang Bersih, Indah, dan Aman” Ujar Fauzun selaku Ketua PAC GP ANSOR Sukodadi.

Kesadaran akan lingkungan yang baik nyaman indah dan aman perlu kerja sama dari berbagai macam elemen masyarakat tidak hanya pemerintah. “Warga di sini (Belok Tlogorejo) sepakat untuk membuat lingkungan menjadi indah dengan penataan dan menanam berbagai macam bunga dan pohon, serta menciptakan rasa aman dan saling menjaga antar sesama warga sekitar” tegas Imam Sutono selaku Kasun Dusun Belok Desa Tlogorejo sekaligus Ketua Ranting GP. Ansor Desa Tlogorejo.

Disisi lain, Kegiatan GAS ini sudah memasuki putaran ke – 3 dengan mengambil rute perjalanan Desa Sidogembul, Surabayan, Plumpang, Tlogorejo, Bandungsari, Sugihrejo, dan finish di Balungtawun.

Sesuai dengan misi GP. Ansor Sukodadi, Kegiatan GAS ini menjadi wahana silaturrahim kepada tokoh-tokoh masyarakat di desa yang dilalui. Juga sebuah wujud sapa ranting secara rutin setiap satu bulan sekali.

“Kader Ansor harus mampu menjadi penggerak di masing-masing Desanya utamanya dalam hal kebaikan” Kata KH. Musta’in Romli selaku sesepuh di Kecamatan Sukodadi. (Yos/F2)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

10 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

10 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago