Daerah

Memperindah Wajah Kota Pangkalpinang, Sejumlah Tugu Ikonik Dibangun

Pangkalpinang, Kabarone.com – Dengan tujuan untuk memperindah serta mempercantik wajah Kota Pangkalpinang sebagai Ibukota Propinsi Bangka belitung, Pemerintah Kota membangun sejumlah tugu. Tugu-tugu itu diharapkan dapat menjadi ikon kota, diantaranya Tugu Nol kilometer dan Tugu Simpang Lima. Salah satu tugu yang telah selesai pembangunannya, yaitu Tugu Simpang Lima, terinspirasi dari parang, salah satu senjata tajam tradisional masyarakat Pulau Bangka yang telah dipakai secara turun temurun.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukimam (Perkim) Kota Pangkalpinang, Mie Go, ST mengatakan Tugu Simpang Lima terletak dipersimpangan lima Jalan Theresia. Kehadiran tugu diharapkan selain untuk memperindah kota, juga dapat memberi kesan tersendiri bagi wisatawan atau orang luar yang berkunjung ke Pangkalpinang. “Tugu Simpang Lima terletak di Jalan Theresia yang memiliki lima simpang. Selain memperindah kota, diharapkan adanya tugu dapat memberi kesan bagi wisatawan yang mengunjungi Pangkalpinang, “katanya pada Jum’at (18/12).

Tugu Simpang Lima juga terletak persis didepan Sekolah Terpadu Theresia, sehingga diharapkan keberadaan tugu bisa memberi rasa bangga bagi alumni yang dulunya sekolah di Sekolah Theresia. “Diharapkan adanya tugu dapat memberi rasa bangga bagi yang pernah bersekolah di Sekolah Theresia, baik saat melewati jalan itu, maupun bagi alumni yang sukses diluar kemudian mengunjungi sekolah mereka yang dulu pernah menjadi tempat menimba ilmu, “ujarnya.

Menurut Mie Go, sebagai Ibukota Propinsi, Walikota Pangkalpinang Maulan Akli (Molen) memang berkomitmen untuk membuat Kota Pangkalpinang Indah. Indah dan jauh dari kesan semrawut serta kotor. Kota yang dicanangkan Walikota dengan slogan Beribu Senyuman ini memang akan ditata sebaik mungkin, hal itu memang merupakan visi dan misi walikota. “Sesuai dengan visi misi, walikota memang berkomitmen untuk membuat Kota Pangkalpinang ini indah, “jelasnya.

Mengenai Tugu Nol Kilometer yang dibangun di Jalan Merdeka tepatnya disamping Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang, dikatakan Mie Go pihaknya dilibatkan dalam perencanaan, sementara yang membangun Bagian Umum Pemkot Pangkalpinang. Tugu itu memang dibangun pada posisi titik Nol Kilometer Pulau Bangka. “Untuk Tugu Nol Kilometer kami bagian perencanaan, yang membangun adalah Bagian Umum Pemkot, “katanya. Sebagai catatan, Tugu Nol Kilometer berbentuk uang logam kuno yang dulunya pernah beredar di Pulau Bangka pada jaman Hindia Belanda. (Suhardi)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

13 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

13 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago