Categories: Nasional

Warga Di 5 Desa Mitra Binaan ITP Ikuti Belajar Bertani Sistem Vegetatif

KOTABARU,kabarone.com- Ditengah situasi pandemi Covid-19 tentu bukanlah menjadi suatu rintangan bagi para petani di wilayah Kabupaten Kotabaru untuk terus berkembang dalam meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia.

Seperti yang dilakukan di Desa-Desa mitra binaan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (PT ITP), sebanyak 15 orang perwakilan dari 5 Desa yakni, Desa Tarjun, Serongga, Tegalrejo dan Desa Pulau Panci mengikuti pelatihan dengan bekerjasama antara ITP dan Dinas Pertanian Kotabaru melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kelumpang Hilir, dilaksanakan di Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) ITP Tarjun, Rabu 24/03/2021.

Manajemen PT ITP, H Teguh Iman Basoeki melalui CSR Officer, Agus Rifani mengatakan, kegiatan yang digelar merupakan upaya nyata yang dilakukan PT ITP melalui program CSR dalam pilar pendidikan dan ekonomi.

Peserta pelatihan juga diajak berkeliling P3M dimaksudkan untuk mengenalkan bahwa Tiga Roda selain memiliki ekowisata yang menarik dimana para pengunjung, peserta pelatihan juga dapat berwisata sekaligus belajar tentang banyak hal, mulai dari pertanian, perikanan, peternakan dan kampung tani disini, tuturnya.

Dikatakan Kepala P3M PT ITP, I Wayan Kedep Sudhiarta menambahkan, kegiatan disambut positif oleh warga Desa mitra yang dilatih, dan setelah praktek dan diakhir pelatihan para peserta akan diberikan bibit untuk bisa menerapkan bekal ilmu yang didapatkan di Desanya masing-masing.

Mereka juga dilatih dalam pengembangan perbanyakan tanaman dengan teknik tempel (okulasi), teknik sambung samping dan teknik sambung pucuk khususnya pada holtikultura tanaman buah-buahan yang dilaksankan pada kegiatan pelatihan ini, jelasnya.

Menjadi harapannya, peserta pelatihan dapat memanfaatkan waktu luang bersama untuk melakukan kegiatan bertani dengan bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan media tanam di polybag, gadebog.

Sementara, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kelumpang Hilir yang juga selaku narasumber pelatihan, Clara Novianto menilai, apa yang dilakukan oleh Indocement melalui program CSR nya sangat bermanfaat bagi warga masyarakat khususnya sebagai meningkatkan taraf perekonomian warga tani.

Kami dari balai penyuluhan sangat mendukung dan menyambut baik inisiasi Indocement yang telah menggelar pelatihan bagi warga Desa mitra dan menjadi harapan masyarakat atas upaya nyata Indocement untuk kemajuan bersama, katanya.

Ditanggapi oleh salah satu peserta pelatihan, Hariyono bahwa, ia sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Indocement, bantuan serta bimbingan CSR PT ITP melalui pelatihan edukasi yang disampaikan perusahaan diharapkan warga Desa dapat merealisasikannya.

Kami berharap Indocement terus berbuat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide-ide gagasan bagi masyarakat yang pastiinya merupakan wujud nyata dalam peningkatan sumber daya manusia yang berujung pada peningkatan ekonomi bagi para petani, ujarnya yang juga selaku aparatur Desa Tegalrejo.(HRB)

Redaksi

Recent Posts

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

3 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

16 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

17 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

17 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

19 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

1 day ago