Daerah

Calon Jama’ah Haji Kotabaru Ikuti Tes Kesehatan

KOTABARU,kabarone.com- Calon jemaah haji Kotabaru mengikuti tes kesehatan dan tes kebugaran selama 2 hari yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotabaru di mesjid Al Istiqomah Kotabaru, Minggu 11/4/2021.

Sebelum melakukan kegiatan, para calon Jemaah haji sebelumnya dilakukan tes laboratorium terlebih dahulu, seperti cek darah lengkap dan untuk perempuan dilakukan tes kehamilan.

Tes kesehatan dilakukan oleh tim Dokter dan perawat dari beberapa Puskesmas yang ada di Kotabaru, tes yang dilakukan meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar dada, tensi dan lainnya, sedangkan untuk yang berumur 60 tahun atau lebih disarankan untuk EKG atau rekam jantung.

Tes kebugaran kepada calon jemaah haji tahap II dilakukan dengan jalan atau lari kecil sepanjang 1,6 kilometer, kemudian di hitung berapa waktu yang dibutuhkan untuk jalan atau lari kecil tersebut, dari hasil tes itu akan direkap dan dihitung lalu dimasukan ke Kartu Menuju Bugar (KMB) apakah masuk kategori baik, cukup atau kurang.

Kasi Kesling kesehatan kerja dan olahraga M Riduansyah mengatakan, dengan adanya tes kesehatan dan kebugaran, diharapkan dapat mendeteksi secara dini penyakit atau keluhan kesehatan pada calon jamaah sehingga pada saat keberangkatan tiba semua jamaah bisa berangkat tanpa ada yang tertinggal karena masalah kesehatan.

Jika ditemukan ada jamaah yang mengalami masalah kesehatan pada tes kesehatan, maka akan segera ditangani sehingga pada waktunya keberangkatan dapat ikut menunaikan ibadah haji, ucapnya.

Riduansyah juga menghimbau kepada seluruh calon jamaah agar tetap menjaga kesehatanya dengan melakukan prilaku hidup sehat, mengkonsumsi makan yang bergizi seimbang dan rutin melakukan aktifitas fisik seusai kemampuan, tutupnya.(HRB)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Waduk Rawa Sekaran Banyak Di Alih fungsikan, Warga Kesusahan Air

By :Amin Santoso Ketua umum Forum Kajian Informasi Strategis ( FORKAIS) Lamongan,Kabar One.com-warga Desa Sekitar…

28 mins ago

PLN IP UBP Semarang Bersinergi IZI Jateng Dalam Program Pelayanan Masyarakat di Karimunjawa

JEPARA, kabarone.com- PT PLN Indonesia Power (IP) UBP Semarang bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia…

1 hour ago

Gedung Baru KPU Kotabaru Diresmikan, KPU Mampu Maksimalkan Kinerja

KOTABARU,kabarOne.com- Gedung Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru diresmikan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H…

4 hours ago

Putusan Pengadilan Cederai Rasa Keadilan Mantan Direktur PT.Blue Bird Dihukum Denda Pembayaran Beranak Cucu

Jakarta ,Kabarone.com,-Psikolog dr Mintarsih Abdul Latief, bagaikan menelan pil pahit, lantaran dihukum membayar denda, agar…

6 hours ago

Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru, Kasatreskrim Terima Piagam Apresiasi

KOTABARU,kabarOne.com- Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan berikan piagam apresiasi kepada Tim Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru bertempat…

6 hours ago

Penuhi Janji, Wabub Kotabaru Serahkan Beasiswa Untuk Warga Desa Langadai

KOTABARU,kabarOne.com- Dua kakak beradik, Miftahul Alpirania (14) dan Ahmad Paisal Ajni (12) warga Desa Langadai…

7 hours ago