Daerah

Lanjutkan Pendalaman Alur Muara Air Kantung, PT Pulomas Sentosa Siapkan 2 Unit Kapal

Sungailiat, Kabar One.com– PT. Pulomas Sentosa yang merupakan mitra Pemerintah Daerah ( Pemda), akan terus bekerja melakukan pengerukan alur lalu lalang kapal nelayan di Muara Air Kantung, Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Parman, salah satu nelayan dan juga adalah tokoh nelayan di wilayah tersebut mengungkapkan, bahwa dirinya menjadi saksi kerja dari perusahaan tersebut yang terus membantu pengerukan menggunakan anggaran internal perusahaan.

Parman yang sudah belasan tahun menjadi nelayan di daerah itu menjelaskan bahwa pasir gusung dilaut memang terus menggunung di bibir muara dikarenakan faktor Alam.

” Masalah alur muara itu bukan lagi masalah baru. kalau tidak paham persoalan muara itu, lebih baik diam saja. Itu yang yang sering jadi masalah adalah gusung pasir. Itu sejak belasan tahun lalu sejak zaman dulu sebelum ada PT Pulomas tailing PT. Timah pun sudah menjadi gusung disitu, apalagi jika musim utara bawaan gelombang dan angin membuat pasir terus menggusung disitu. Makanya karena hal itu, ada aktifitas pengerukan semenjak di lepaskan kerja ke Pemda , “jelas Parman pada Kamis (22/4).

Dinyatakan Parman bahwa PT. Pulomas adalah mitra pemerintah yang sangat berpengalaman bertahun – tahun melakukan aktifitas pengerukan dengan berbagai metode pengerukan.

” Kalau bukan PT. Pulomas siapa lagi ?, Ada yang berani menjamin ?, Bukan mudah meminta pihak persuhaan seperti PT Pulomas melakukan pengerukan seperti saat ini, papar Parman sedikit bernada tanya.

Ditambahkan bahwa pengerukan yang dilakukan oleh PT. Pulomas sangatlah menguntungkan, karena ada puluhan perahu yang menggunakan alur muara sebagai lalu lintas keluar masuk selama ini.

” Kalau saya itu tergantung nelayan, setahu saya di lingkungan Parit Pekir dan Kampung Baru tidak ada yang keberatan dengan pengerukan PT. Pulomas selama ini, Sudah pengalaman mereka itu belasan tahun” ungkap Parman.

Parman menambahkan bahwa dirinya mengetahui PT. Pulomas telah menyiapkan 2 kapal Rader dan beberapa alat berat untuk melakukan aktifitas pengerukan berupa pendalaman. untuk itu dia menyampaikan bahwa setiap komentar masyarakat mengenai alur haruslah mempertimbangkan aspek teknis yang disiapkan perusahaan.

” kalau yang saya liat dilapangan itu sudah disiapkan 2 kapal Rader. saya juga sudah tanyakan sekaligus kasih masukan. Mereka ( PT. Pulomas, red ) telah siap melakukan pendalaman alur terlebih dahulu kemudian baru sedot pasir yang diluar, “tambahnya

Mengetahui akan persiapan pendalaman alur itu oleh Pihak PT. Pulomas Sentosa, Parman memberikan apresiasi dan berharap kedepannya kapal – kapal nelayan tetap dapat keluar – masuk ke muara pada saat air surut sebelum jam air pasang.

” Kalau PT. Pulomas tidak terus bekerja siapa yang mau tanggung jawab ketika puluhan perahu tak bisa keluar muara. Setahu saya kegiatan itu ada lagi kompensasi ke daerah dan punya perizinan yang lengkap, cuma yang faham akan tahu bahwa segala sesuatu itu membutuhkan teknis ” jelas Parman

Sementara terpantau dilapangan 2 buah kapal rader beserta alat penunjang telah dipersiapkan pihak PT. Pulomas, bagi memulai pekerjaan.
‘ Cuaca bagus kita akan langsung lakukan pendalaman ” ungkap salah satu pekerja PT Pulomas yang ditemui. (*/Har)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

5 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

6 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

7 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

14 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

19 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago