Ragam

Yogyakarta Tenda Pendidikan, Kebangsaan dan Demokrasi

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal) DIY mengadakan diskusi publik dengan tema “Jogja Tenda Pendidikan, Kebangsaan dan Demokrasi”, Selasa (11/4/2023).

Narasumber dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung DPD RI Perwakilan DIY, Jalan Kusumanegara, Yogyakarta, adalah Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, SIK, MH dan M Afnan Hadikusumo (Anggota DPD RI Dapil DIY). Acara tersebut dipandu moderator kawakan Sobar M Johari, pengamat kebijakan publik dan ekonomi lulusan Ph.D dari Taiwan.

Menurut Shaleh Tjan, Ketua Fokal IMM DIY, acara ini merupakan wujud kepedulian anak-anak muda DIY terhadap eksistensi DIY sebagai bagian miniatur yang berpengaruh terhadap keindonesiaan yang harus dirawat.

Sunanto, perwakilan dari Fokal IMM Pusat, menyampaikan, kalau ada payung kebangsaan yang bisa dijadikan payung-payung bagi wilayah-wilayah lain di Indonesia adalah Yogyakarta. “Maka sudah tepat jika Yogyakarta bukan hanya payung, tapi lebih tepatnya tenda yang bisa menaungi masyarakat yang lebih luas, yaitu bangsa Indonesia,” kata Sunanto.

Kapolda DIY, Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, SIK, MH — merupakan Kapolda berprestasi — terbukti dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah menjabat berhasil menjadikan DIY kejahatannya menurun drastis.

Sementara itu, Afnan Hadikusumo merupakan senator berprestasi yang berhasil terpilih tiga kali berturut-turut dalam Dapil DIY.

Bagi Afnan, Yogyakarta merupakan miniatur Indonesia. “Di sini ragam budaya dari seluruh Indonesia ada,” kata Afnan.

Bahkan, lanjut Afnan, pendatang yang berasal dari seluruh Indonesia juga ada. “Dari situlah muncul akulturasi budaya, yang membuat dengan sendirinya berbaur dan saling tenggang rasa,” paparnya.

Maka, muncullah banyak kearifan yang bisa ditularkan ke seluruh Indonesia. Selain itu, dengan banyaknya pelajar dan mahasiswa yang berdatangan menimpa ilmu di kota Yogyakarta, ada harapan bahwa Yogyakarta menjadi bagian kawah candradimuka bagi calon pemimpin-pemimpin di negeri Indonesia.

Senada dengan Afnan, Sobar M Johari banyak mengulik kedua narasumber agar bisa menyampaikan secara obyektif tentang kondisi Yogyakarta, yang dalam beberapa hari belakangan diterpa isu tentang klithih dan kemiskinan.

“Kedua nasumber bisa menanggapinya dengan tangkas dan bisa menyampaikan secara obyektif,” kelakar Sobar M Johari.

Dikatakan Sobar, bagaimanapun di Yogyakarta masih juga terdapat beberapa pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan oleh kepolisian dan pemerintah. “Selain itu juga memerlukan peran para orang tua dan seluruh warga Yogyakarta serta seluruh komponen dalam rangka menanggulanginya, seperti kasus klithih baru-baru ini,” kata Sobar.

Menanggapi apa yang disampaikan Sobar, Kapolda DIY mengatakan jika pihak kepolisian bisa menangkap pelaku klithih, itu bukan prestasi. “Namun itu seharusnya dianggap sebagai keprihatinan,” kata Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, SIK, MH. (Fan)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

11 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

12 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago