Daerah

Kerjasama dengan BMKG Sumsel Waspada Dampak Perubahan Iklim dan Hama Penyakit

Oku Timur ,Kabar One.com-Laboratorium Pengamat Hama dan Penyakit (LPHP) Belitang menghadirkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk sosialisasi penanggulangan Dampak Perubahan Iklim (DPI) Tanaman Pangan dan Hortikultura di Aula Pertemuan LPHP Belitang, Gumawang, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Kamis (11/07/2024).

 

Ketua LPHP OKU Raya, Ahmad Maksum melalui Sumardi menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap panitia yang turut membantu lancarnya kegiatan ini dengan baik. Sosialisasi penanggulangan dampak perubahan iklim ini upaya bersama dalam menghadapi tantangan global terkait cuaca dan iklim yang berpotensi terhadap pertanian.

“Dengan dilaksanakan sosialisasi ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam memajukan pertanian yang berdaulat, produktivitas pangan dan hortikultura meningkat dan bermutu. Bersama sosialisasi ini sekaligus temu bulanan, yang kali ini turut hadir ditengah-tengah kita BMKG yang tentu memberikan pencerahan yang akan bermanfaat untuk ramalan situasi kondisi terkini tantangan yang kita hadapi bersama untuk kita cari solusi terbaik,” ujar Sumardi.

 

BPTPH Sumatera Selatan, Ir. Ratih Wahyu Nurbaiti menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi penanggulangan dampak perubahan iklim (DPI) tanaman pangan dan hortikultura yang dilaksanakan di Belitang, OKU Timur ini.

“Dengan hadirnya BMKG dalam sosialisasi penanggulangan dampak perubahan iklim ini, kita akan memetik ilmu yang bisa dikaji dan diterapkan di wilayah kerja Bapak dan Ibu sekali sehingga optimal dalam mewujudkan pertanian yang produktif dan ketahanan pangan berdaulat. Saya terus mengingatkan kepada Petugas POPT, dan Penyuluh Pertanian yang hadir untuk waspada yang saat ini terjadi berupa kemarau basah yang ditandai dengan curah hujan yang cukup intensif dibanding dengan musim kemarau yang seperti biasanya. Waspada adanya OPT dan penyakit pada tanaman,” pungkasnya.

Sementara itu Koordinator Bidang Observasi BMKG Sumatera Selatan, Ishak, S.P., M.Si mengatakan dalam rangka mengoptimalkan produksi pangan dan hortikultura juga hal yang perlu diperhatikan adalah iklim sehingga penting mengetahui update informasi Iklim sebelum pelaksana pada musim tanam MT2.

“Mengigat pentingnya iklim dan cuaca dalam keberlangsungan pertanian konvensional dibutuhkan strategi dalam optimalisasi produksi di sektor pertanian. Kalau bisa sosialisasi tentang cuaca dan Iklim dilaksanakan secara periodik,” pungkas Ishak.

“Kedepannya diharapkan supaya selalu ada koordinasi dan kolaborasi antara BMKG dalam mengoptimalkan Pertanian pada subsektor pangan dan hortikultura,” tutupnya.

 

Peserta sosialisasi dihadiri dari Civitas Pertanian wilayah kerja OKU Timur, OKU, dan OKU Selatan.

 

Turut hadir BMKG Sumatera Selatan, BPTPH Sumatera Selatan, Ketua Civitas LPHP OKU Raya, Indra Gunawan selaku Kasubag Kepegawaian BPTPH Sumsel, Petugas POPT se-OKU Raya, Koordinator BPP se-Kabupaten OKU Timur. (Penulis: Prely)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

DOB Tanah Kambatang Lima, Arbani; Bupati Keluarkan Surat Persetujuan

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Dengar Pendapat (RDP) digelar oleh DPRD Kotabaru bersama TP2CK TKL tentang pemekaran daerah…

4 hours ago

Sambut Dirgahayu RI Dan HUT MARI Ke-79, PN Jak Pst Gelar Pekan Olah Raga 2024.

JAKARTA Kabar One.com : Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar pekan olahraga dijalan Bungur Raya Jakarta…

11 hours ago

Ketua Makamah Agung Syarifuddin didampingi Suharto Ke Mataram Kegiatan Pembinaan Teknis Administrasi Yudisial

JAKARTA Kabar One.com ; Ketua Makamah Agung Prof Dr H.M.Syarifuddin SH didampingi Wakil Ketua Makamah…

12 hours ago

PT KTM didemo ratusan sopir truk tebu , Evaluasi Keberadaan Perusahaan Pabrik Tersebut

Lamongan,Kabar One.com-Untuk kesekian kalinya para sopir Kecewa tebunya ditolak masuk pabrik, ratusan supir truk mendemo…

15 hours ago

UMK di Kotabaru Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan dari BPOM

KOTABARU,kabarOne.com- Kepala Loka POM Tanah Bumbu, Rahmat Hidayat menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan…

16 hours ago

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dr. Artha Theresia SH MH Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

JAKARTA KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. melantik dan mengambil…

1 day ago