Habib Luthfi Terima Honoris Causa, Fathur : Sosok yang Lebih dari Layak

Daerah362 views

SEMARANG,kabarone.com- Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya menerima penganugerahan gelar akademisi Doktor Honoris Causa yang diberikan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (9/11).

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan bahwa Habib Luthfi memiliki perhatian luar biasa dalam menjaga semangat kebangsaan, mengobarkan nasionalisme, mempromosikan Islam moderat, serta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Selama lebih dari satu semester kami melakukan kajian terhadap pemikiran, kiprah, karya, dan jasa-jasa beliau dalam bidang dakwah, kebangsaan, dan pemberdayaan umat. Berdasarkan kajian tersebut, Maulana Habib Luthfi bin Yahya adalah sosok yang lebih dari layak untuk menerima gelar tersebut,” ujarnya.

Fathur menjelaskan, Unnes juga menilai Habib Luthfi sebagai seorang ilmuwan yang terlihat dalam tiga hal, yakni kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan kemauan untuk terus mempelajarinya, kecakapan metodologi untuk menggali mengolah dan menyintesiskan pengetahuan baru serta memiliki strategi yang efektif dalam mempublikasikan pemikiran dalam bentuk dakwah yang otentik sehingga dapat diterima semua kalangan. Unsur Agama, Kebangsaan dan perekonomian selalu diangkat Habib Luthfi dalam setiap dakwahnya.

“Habib Luthfi juga kami pandang sebagai ilmuwan , itu kami telusuri dari sosok beliau dalam ilmu pengetahuan baru dan pemikiran untuk semua kalangan terkait hal perdamaian dan nasionalisme, tak hanya untuk Indonesia namun untuk dunia,” imbuh Fathur.

Sementara, atas gelar kehormatan yang diterima, Habib Luthfi menyampaikan rasa terima kasih kepada Unnes dan juga Pemerintah serta Bangsa dan Negara Indonesia.

“Kami sampaikan terima kasih kepada civitas akademika UNNES, dan juga Pemerintah serta bangsa dan negara Indonesia. Yang kami lakukan dan kerjakan tidaklah lebih dari kewajiban makhluk ciptaan Allah dan warga negara. Ini juga hendaknya dilakukan oleh semua yang ada di negeri ini,” tutur Habib Luthfi.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Menteri Desa PDTT Halim Iskandar juga Duta Besar dari Maroko dan Mesir.

Selain itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Budayawan Sujiwo Tejo, sejumlah pemuka dari berbagai agama serta beberapa pejabat tinggi daerah. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *