Hukum

Humas PN Jaksel:Menjaga Kualitas Lingkungan Hidup

JAKARTA,Kabar One.com : Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Djumyanto SH.MH memaparkan mengenai soal lingkungan hidup telah menjadi konsern semua pihak.. terutama dalam konteks penegakan hukumnya. Di dalam upaya perlindungan lingkungan hidup tentu berkaitan dengan banyak faktor yang konprehensif.

Upaya perlindungan lingkungan hidup tidak hanya didasarkan pada praturan hukum tapi juga berkaitkan dengan soal bagaimana kesadaran dari semua pihak , tidak hanya aparat penegak hukum tapi juga warga masyarakat serta semua stake holder.

Dari perspektif kesadaran warga masyarakat, ada hak dan kewajiban yang mendasari upaya perlindungan hidup, di mana warga masyarakat mempunyai hak untuk memperoleh suatu lingkungan hidup yang baik, berhak untuk menikmati sebuah lingkungan hidup yang berkualitas dan tidak kemudian lingkungan hidup menjadi bencana atau justru mengakibatkan kualitas hidup warga negara itu menjadi tidak optimal.

Di sisi lain juga melekat kewajiban warga masyarakat untuk berperan serta menjaga , mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan berkualitasmengutif dengan pendekatan yang mampu menciptakan okestrasi dalam , sehingga keseimbangan antara hak dan kewajiban ini akan menjadi modal utama dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Caranya dengan sinergi, koordinasi, kolaborasi antara pemangku kepentingan antara lain pemerintah, pemerintah daerah dunia usaha komunitas warga masyarakat.

Selain hal itu, juga perlu adanya ketentuan hukum atau peraturan yang baik dan responsif agar mampu menjadi instrumen dalam menjaga dan melindungi hak serta kewajiban warga masyarakat, supaya apa yang menjadi tujuan utama yaitu perlindungan lingkungan hidup mampu menghadirkan kesejahteraan masyarakat Djuyamto.tutup (sena)

Redaksi

Recent Posts

Peluncuran Maskot dan Jingle Digelar KPU Kotabaru, Ian Kasela Bius Penonton

KOTABARU,kabarOne.com- Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil…

9 mins ago

Berhaji, Mas Wawan Amalkan Konsep Strategi Wuqufiyah

SEMARANG,kabarone.com - Bakal calon Wakil Wali Kota Semarang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ady Setiawan…

9 hours ago

Sapi Kurban Bantuan Jaksa Agung untuk Forwaka

Jakarta ,Kabar One : Jaksa Agung Burhanuddin memberikan bantuan kepada Ketua Forwaka Zam Zam Siregar…

11 hours ago

Bakti Sosial Digelar, 30 Tahun Pengabdian AKABRI

KOTABARU,kabarOne.com- Kegiatan bakti sosial seperti bagi sembako, cek kesehatan, donor darah serta sunatan massal digelar…

24 hours ago

Review Kesejarahan Kab. Lamongan dan Kab. Sidayu

Lamongan,Kabar One.com-Lamongan dan Sidayu (lawas) pada masa lampau adalah dua wilayah kabupaten/kadipaten yang berbeda. Kedua…

1 day ago

Ketua DPRD Syairi Mukhlis; Pencalonan Saya Adalah Benar

KOTABARU,kabarOne.com- Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mengakui sampai saat ini masih sebagai Ketua DPRD Kotabaru,…

2 days ago