Tinggi Tugu Nol Kilometer 99 Meter, Jadi Ikon Baru di Kalsel

Daerah694 views

BANJARMASIN,kabarOne.com- Sesuai dengan Kontrak kerja pada bulan Desember tahun 2024, progres pembangunan Tugu Nol Kilometer di Banjarmasin sudah mencapai 83 persen dan dipastikan selesai tempat waktu.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan didampingi Kabid Cipta Karya, Yulianti Erlynah dan Kepala Seksi Tata Bangunan, Syamsul Bahri usai meninjau lapangan beberapa waktu lalu di Banjarmasin.

Solhan mengatakan, saat ini pengerjaan pembangunan Tugu 0 km Banjarmasin masuk tahap pemasangan rangka atas dengan lapisan luar berbahan Aluminium Composite Panel (ACP).

“Tinggal 17 persen untuk bangunan utama, kalau bangunan di halaman seperti UMKM dan plaza sudah masuk tahap finishing,” ungkapnya, Rabu (30/5/2024).

Menurutnya, tinggi bangunan Tugu Nol Kilometer mencapai 99 meter, namun yang bisa dinaiki pengunjung nantinya hanya di ketinggian 66 meter. Selain itu juga disediakan stand UMKM dan plaza, baik di dalam maupun di sekitaran tugu.

“Stand UMKM tidak hanya di sekitaran tugu, tapi juga di dalam tugu hingga lantai empat,” sebutnya.

Ia berharap, keberadaan Tugu Nol Kilometer menjadi ikon baru Kalsel, khususnya bagi Kota Banjarmasin.

“Diharapkan tugu 0 km ini menjadi ikon baru di Kalsel khususnya kota Banjarmasin sekaligus menjadi objek wisata,” harapnya.

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *