BPOM Awasi Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di Tanah Bumbu

Daerah125 views

TANAH BUMBU,kabarOne.com- Loka POM Kabupaten Tanah Bumbu bersama dengan Saka POM melaksanakan kegiatan uji cepat terhadap sampel pangan jajanan anak sekolah (PJAS) di Wilayah Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (26/8/2024).

Sekolah yang menjadi lokasi sampling yakni SDN 1 Sari Mulya dan SMPN 1 Sungai Loban, diambilnya sampel jajanan di lakukan pada titik yang sering menjadi konsumsi siswa-siswi yakni kantin sekolah.

Kepala Loka POM Kabupaten Tanah Bumbu Rahmat Hidayat mengatakan, Pengawasan PJAS merupakan salah satu upaya untuk memastikan siswa terhindar dari kejadian keracunan pangan yang rawan terjadi. Jenis makanan yang diambil sampelnya seperti ayam tepung krispi, mie, bihun, bakso, krupuk, dan sebagainya.

” Berdasarkan hasil uji cepat terhadap 34 sampel dari dua sekolah didapatkan hasil bahwa seluruh sampel memenuhi syarat atau aman dari bahan kimia berbahaya (boraks, formalin, methanyl yellow dan rhodamin b),” bebernya.

Disamping uji cepat, petugas juga menyampaikan komunikasi, informasi dan edukasi seputar keamanan pangan pada momen apel pagi/upacara yang disimak oleh seluruh siswa-siswi dan pedagang kantin sekolah.

” BPOM berkomitmen untuk terus mengawal pangan aman di masyarakat. Bagi komunitas sekolah di Tanah Bumbu dan Kotabaru yang berminat untuk dikunjungi oleh BPOM silahkan hubungi media sosial kami (bpom.tanahbumbu) atau WhatsApp +62 851-7545-4481,” pungkasnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *