Gelar Aksi May Day, Ribuan Buruh Padati Jalan Pahlawan Semarang

Daerah, Regional601 views

Kabarone.com, SEMARANG – Ribuan buruh dari berbagai elemen pekerja di Jawa Tengah memenuhi sepanjang Jalan Pahlawan, Semarang Selasa (1/5).

Mereka dengan lantang menyuarakan aspirasinya  secara bergantian di titik pusat perayaan Hari Buruh Nasional atau yang kerap disebut May Day di depan kantor Gubernur Jateng.

Ketua DPD Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN) kota Semarang Heru Budi Utoyo menyuarakan masih banyak persoalan pekerja yang hingga hari ini belum terselesaikan dengan baik oleh Pemerintah dan perangkat birokrasinya.

Dimana persoalan antara pekerja dan pengusaha pada hakikatnya, hingga saat ini hanyalah persoalan pemenuhan hak normatif semata (jaring minimal kesejahteraan). Namun justeru persoalan pemenuhan hak normatif juga belum mampu dipenuhi oleh Negara.

“Masih banyak pekerja yang berjuang hanya sekedar untuk mencari lapangan kerja yang semakin minim, menjalankan pekerjaan lembur yang berkepanjangan, bekerja ganda selepas pulang dari pabrik, hingga PHK sepihak tanpa pemberian kompensasi yang jelas,” beber Heru

Selain itu menurutnya masih banyak persoalan ketenagakerjaan yang belum terselesaikan, oleh sebab itu KSPN kota Semarang terus bersikap kritis dalam mensikapi setiap kondisi yang ada serta kemunculan dari regulasi yang mengatur mengenai ketenagakerjaan; Menyatukan sikap, pandangan serta tindakan untuk melakukan langkah-langkah konkrit terkait perbaikan kondisi dari para pekerja dan pemenuhan hak pekerja.

Disamping  juga menyerukan kepada Pemerintahan saat ini untuk segera mencabut regulasi yang merugikan pekerja pada umumnya seperti PP No. 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, dan Perpres No. 20 tahun 2018 tentang Penempatan Tenaga Kerja Asing. Serta mengambil tindakan yang tegas terhadap pelaku tindak pidana kejahatan ketenagakerjaan.

“Jadikan May Day Sebagai momentum perjuangan untuk menggelorakan perbaikan kesejahteraan dan kondisi kerja,”pungkasnya

Aksi May Day berlangsung aman dan tertib di bawah kendali keamanan pihak Polrestabes Kota Semarang dan di back up oleh Polda Jateng.(Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *