20 Mahasiswa Melakukan KKN di Kotabaru, 2 Kecamatan Jadi Tempat Praktek

Daerah300 views

KOTABARU,kabarOne.com- Mewakili Bupati Kotabaru, Assisten Pemerintah dan Kesra H Minggu Basuki dan Assisten 2 H. Murdianto hadiri pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik angkatan ke-9 Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (Unmuh Banjarmasin) yang digelar di Aula Kantor Bupati Desa Sebelimbingan, Kamis (1/8/2024).

Pelepasan KKN Unmuh Banjarmasin ke Kabupaten Kotabaru yakni untuk menambah pengalaman Mahasiswa bagaimana berkomunikasi terhadap masyarakat atau warga yang ada di Kotabaru selama 1 bulan dari tanggal 1 sampai 31 Agustus 2024.

Bupati Kotabaru dalam sambutan tertulisnya melalui Assisten 1 Pemerintahan dan Kesra H Minggu Basuki mengatakan, atas nama Pemerintah Kotabaru saya menyambut baik dan gembira serta menyampaikan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa Unmuh Banjarmasin yang mengikuti KKN di Bumi Saijaan.

“KKN yang berlangsung kurang lebih satu bulan ini mengangkat tema stunting, karna stunting sangat mempengaruhi potensi generasi penerus dalam bekarya dan bekerja yang pada akhirnya berdampak pada perekonomian dan kemajuan bangsa masa depan,” sebutnya.

Saya berharap kepada seluruh peserta KKN untuk dapat menjadikan kesempatan ini sebagai sarana untuk mengaktualisasikan diri, serta mengeksplorasi diri.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 (Warek) Unmuh Banjarmasin Alfian Mauricefle mengapresiasi semangat dan komitmen mahasiswa yang akan terjun ke masyarakat.

” Program KKN Tematik ini bukan hanya sebagai bagian dari kurikulum, akan tetapi juga sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat, kami berharap mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat,” ungkapnya.

Selama KKN berlangsung selama sebulan ini, mahasiswa akan ditempatkan di berbagai Desa dan Kelurahan untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya, seperti penyuluhan kesehatan, pendidikan, dan pengembangan ekonomi lokal.

Setiap kelompok mahasiswa akan bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk merancang dan melaksanakan program yang sesuai dengan kebutuhan lokal.

Diakhir acara Warek 3 Universitas Muhammadiyah Banjarmasin menyerahkan cinderamata untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru.

Selain itu Mahasiswa yang mengikuti KKN sebanyak 20 orang ditambah 5 Dosen Pembimbing yang nantinya disebar ke Kecamatan Pulau Laut Utara dan Sigam.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *