Terkait Pemberitaan Dana Infaq di MTS Negeri 1 Lamongan Mendapat Hak Jawab Dari  Kepala Sekolah

News59 views

Lamongan ,Kabar One.com-Pemberitaan yang terjadi di salah satu sekolah tepatnya MTS Negeri 1 Lamongan permasalahan Infaq dengan link berita https://kabarone.com/2024/08/07/diduga-sumbangan-infaq-mtsn-1-lamongan-jadi-ajang-pungli/ mendapat klarifikasi dari pihak sekolah MTS Negeri 1 Lamongan.

Kepala Sekolah MTS Negeri 1 Lamongan Fatkhur Rohman,S.Ag.M.A  kepada awak media Rabu,(14/08/2024) menjelaskan ,”terkait dugaan infaq tersebut dan prosedur sumbangan sukarela yang diterapkan oleh pihak sekolah dan berdasarkan rapat musyawarah Komite Sekolah.

Menurutnya, dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hanya mencakup kebutuhan dasar seperti buku, kegiatan belajar mengajar (KBM), dan ujian sekolah.

Program-program lainnya tidak dapat dicover sepenuhnya oleh dana BOS.

“Semua program sekolah kita workshopkan dan hasilnya menunjukkan bahwa dana BOS tidak mencukupi. Oleh karena itu, kami perlu memberitahukan wali murid bahwa kegiatan sekolah yang banyak ini memerlukan tambahan dana,” ujarnya.
Dalam upaya mencari solusi, pihak sekolah bersama komite mengadakan musyawarah dengan wali murid.

Masih menurut Kepala sekolah MTS Negeri 1 Lamongan bahwa sumbangan infaq yang diminta bersifat sukarela tanpa adanya paksaan.

Secara tersirat Allah SWT telah menyinggung masalah pembiayaan dalam pendidikan sebagaimana dijelaskan dalam surah al-Mujadilah ayat 12-13 sebagai berikut:

Artinya: “Wahai orang yang beriman apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul, hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum (melakukan) pembicaraan itu. Yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih bersih.

Tetapi jika kamu tidak memperoleh (yang akan disedekahkan) maka sungguh Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum (melakukan) pembicaraan dengan Rasul? Tetapi jika kamu tidak melakukannya dan Allah telah memberi ampun kepadamu, maka dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat serta taatlah kepada Allah dan Rasul- Nya! Dan Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan”ungkap Fatkhur Rohman,S.Ag.M.A ( ****).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *