Tim Evaluator ESDM Kunjungi Desa Sei Seluang, Ini Kata Kepala Desa

Daerah143 views

KOTABARU,kabarOne.com- Tim Juri Penilai Subroto Award untuk program PPM PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin kunjungi Desa Sei Seluang Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru, Jum’at (23/8/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Manager PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin, Manager SHEC, tim Evaluator dari ESDM dan Akademisi dari Universitas Padjadjaran dan Brawijaya, Kepala Desa, tokoh masyarakat, Pemuda dan kader posyandu.

Manager PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Efendi Eko Mulyono mengatakan, sebagaimana diketahui bersama program air bersih yang ada di Desa Sungai Seluang ini adalah salah satu program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Arutmin Indonesia bidang kesehatan dan infrastruktur.

Jadi tujuan kita sebagai perusahaan yang berusaha di area ini, kita juga ingin memberikan sesuatu untuk kesejahteraan bagi masyarakat.

“Alhamdulillah program air bersih di Desa Sei Seluang yang dulunya adalah area tambang kemudian menjadi suatu Danau yang kesan awalnya adalah danau itu bahaya, menakutkan dan beracun,” ujarnya.

Tapi sekarang kita buktikan bahwa saat ini danau pasca Tambang PT Arutmin Indonesia itu menjadi sumber air bersih yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Jadi dengan adanya program air bersih ini kami berharap adanya peningkatan kesehatan, kesejahteraan dan semoga ke depannya ini juga bisa mendukung perekonomian termasuk di dalamnya program irigasi untuk persawahan,” harapnya.

Lebih lanjut di katakan Fendi sapaan akrabnya, pada awalnya ingin memenuhi kebutuhan dasar tentang air bersih namun kita bisa berkembang ke arah lain bahkan sampai ke arah ekonomi,

“Kami berharap program ini akan terus berlanjut sebagaimana kebijakan yang di rumuskan oleh management bahwa program-program harus selalu berkelanjutan, harus berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat serta pihak swasta lainnya,” bebernya.

Selain itu kita juga harus melakukan konservasi sumber daya alam yang sudah di arahkan oleh top management supaya bisa mewujudkan harapan-harapan dari top management, kita akan berhasil ketika target-target ini bisa tercapai, jika keberadaan kami di akui dan dihargai oleh masyarakat.

“Hari ini saya mewakili PT Arutmin Indonesia memiliki harapan program air bersih di Desa Sei Seluang ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita semua,” imbuhnya.

Ery Agustian Irawan dari Kementerian ESDM mengatakan, program PPM ini adalah kewajiban bagi industri Tambang untuk berbagi di area lingkar Tambang.

Di antaranya bagaimana mensejahterakan masyarakat disekitar Tambang, kita berharap ke depan masyarakat Desa Sei Seluang ini menjadi lebih secara ekonomi lebih baik dan kebutuhan dasar terpenuhi.

Sementara itu, Kepala Desa Sei Seluang Darmansyah mengatakan, hari ini kita sama-sama ke lapangan untuk melihat seperti apa program yang akan di peruntukan untuk Desa Sei Seluang di tahun 2024 ini.

Dengan adanya pasca Tambang di wilayah Desa Sei Seluang, dan sekarang sudah bermanfaat serta menjadi berkah, dan sekedar bocoran kolam pasca Tambang yang ada di Desa kami sudah di nantikan ribuan orang.

Sekedar informasi, program air bersih untuk Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan untuk air minum juga bisa tapi harus dimasak dulu dan ini berlangsung sejak tahun 2018.

“Sedangkan untuk program pertanian, program ini berlangsung sejak tahun 2024 yang lebih intensif, sedang untuk tahun 2023 hanya memanfaatkan secara tidak langsung/ hanya sebagai tambahan air persawahan saja sedikit demi sedikit untuk memastikan kecukupan air pada persawahan, sementara untuk peternakan dipakai sejak awal untuk membantu perkembangan ayam petelur,” jelasnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *