Politik

Diusung PDIP di Pilwalkot Semarang, Agustina – Iswar Daftar ke KPU

SEMARANG,kabarone.com-Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Semarang dari PDI Perjuangan, Agustina Wilujeng Pramestuti – Iswar Aminuddin akhirnya mendaftar ke KPU.

Mereka berdua datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Kamis (29/8/2024) sekitar pukul 16.22 WIB dengan menaiki mobil jip terbuka diarak oleh para massa pendukungnya.

Ada ribuan massa yang mengiringi pasangan tersebut yang tersebar di berbagai titik, mulai Kantor DPC PDI Kota Semarang, Kantor DPD PDI Jawa Tengah (Panti Marhen).

Massa pendukung mengenakan mengenakan pakaian serba merah menampilkan berbagai atraksi kesenian, seperti barongsai dan liong

Ada pula yang menaiki truk trailer besar yang dipasangi “sound” berukuran besar memutar musik kekinian, dihiasi dengan poster-poster bergambar “Agustin-Iswar”.

Memasuki halaman Kantor KPU Kota Semarang, Agustin-Iswar yang mengenakan pakaian putih dan celana hitam disambut oleh para penari yang membawakan tarian Warak Dugder.

Ketua KPU Kota Semarang Ahmad Zaini berterima kasih atas kehadiran pasangan Agustin-Iswar yang sebelumnya telah melakukan koordinasi lewat LO (liaison officer) mengenai rencana kedatangan.

“Pendaftaran ini nanti kami akan terima dengan berkas dari partai pengusung. Kemudian, kami akan melakukan verifikasi dan hasilnya akan kami sampaikan langsung sore ini,” katanya.

Menurut dia, berkas pendaftaran tersebut akan diverifikasi untuk memastikan kelengkapannya, dan nantinya jika lengkap akan diberikan berita acara dan tanda terima.

“Kalau (berkas, red.) lengkap, kami akan menerbitkan berita acara, tanda terima, kemudian merekomendasikan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit (RS) yang kami tunjuk,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa pencalonan Agustin-Iswar melalui proses yang sangat panjang.

“Ini melalui proses yang sangat panjang, mulai DPC, DPD, hingga DPP. Hari ini, kami mewakili teman-teman partai mendaftarkan pasangan Agustin-Iswar ke KPU,” kata Hendi, sapaan akrabnya.

Diakuinya, penentuan waktu pendaftaran itu juga dilakukan melalui perhitungan weton untuk mencari “hari yang baik” sehingga diharapkan bisa mendapatkan hasil yang baik di pilkada.

Kebetulan, kata dia, pada Kamis sore ini bertepatan dengan weton Jumat Wage yang menurut perhitungan kalender Jawa memiliki neptu yang besar yang diharapkan berimplikasi terhadap kemenangan.

“Kami berkomitmen mengikuti tata cara aturan pendaftaran kepala daerah di KPU. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” kata Hendi.

Pada hari sebelumnya, pasangan Yoyok Sukawi-Joko Santoso juga telah mendaftar di KPU Kota Semarang sehingga saat ini sudah ada dua pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota.

Yoyok-Joko diusung oleh sembilan partai politik, yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kemudian, Partai Golkar, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai NasDem yang ikut menjadi pengusung pasangan Yoyok-Joko.

Parpol nonparlemen juga memberikan dukungan, yakni Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garuda, dan Partai Perindo.

Agustina – Iswar Pasangan Fiqih Kebangsaan

Pasangan yang mengusung jargon ‘Jaguar’ (Jagoane Agustina – Iswar) ini diiringi oleh berbagai ragam kesenian seperti kesenian Jawa dan music rebana khas kalangan santri.

Perbedaan latar belakang keyakinan sempat ditanyakan oleh wartawan dalam sesi wawancara kepada Iswar Aminuddin.

Iswar kemudian menjawab mereka adalah pasangan Fiqih Kebangsaan yang didukung oleh tokoh lintas agama

lhamdulillah pada hari ini saya dengan Bu Agustin, menjadi pasangan Fiqih Kebangsaan,” ujar Iswar usai mendaftar ke KPU Kota Semarang Bersama Agustina Wilujeng pada Kamis (29/8/2024).

Iswar mengatakan bahwa dirinya dan Agustina sudah membuktikan bahwa Kota Semarang memang kota yang toleran.

“Jadi kami membuktikan bahwa Semarang adalah kota yang beragam dan toleran. Jadi yang ada di Semarang ini adalah bolone dewe kabeh,” tuturnya

“Artinya apa? Yuk kita bareng-bareng membangun semarang tanpa membedakan. Bahwa kita harus sengkuyung bareng,” jelasnya.

AMR

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

12 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

12 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

13 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

15 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

21 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

21 hours ago