Ubinan Peningkatan Produktivitas di BMR, Target Produksi Padi 1 Juta Ton GKP

Daerah210 views

OKU Timur ,Kabar One com– Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Belitang Madang Raya bersama Dinas Pertanian OKU Timur, Badan Pusat Statistik (BPS) mengambil sempel ubinan peningkatan produktivitas padi di Desa Karang Binangun, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Rabu (28/08/2024).

Koordinator BPP Belitang Madang Raya, Arifin Syajaah, S.P. mengatakan ubinan bersama BPS dan Dinas Pertaniaan OKU Timur sukses dilaksanakan, dan hasilnya sangat memuaskan sesuai harapan kita semua, karena sudah kita prediksi untuk Karang Binangun memang hasil ubinannya selama ini tinggi semoga kedepan ini tetap bisa kita jaga dan kita tingkatkan lagi dalam mendungkung produktivitas padi di OKU Timur.

Ucapan terima kasih kepada semua porsonil BPP BMR dan rekan-rekan KSA yang sudah bekerjasama dengan baik dan berkoordinasi dengan baik. Semoga ini tetap terjaga, berkat pengawalan terhadap titik-titik KSA yang ada di Kecamatan BMR dalam menunjang peningkatan produksi padi khususnya di BMR, dan OKU Timur. Ucapan terima kasih juga kepada KSA Kecamatan lain yang ikut dalam kegiatan pengambilan ubinan bersama BPS dan Dinas pertanian OKUT, serta permohonan maaf atas kekurangan selama kegiatan.

Terima kasih kepada tim KSA BMR dan rekan-rekan porsonil BPP BMR atas kerjasamanya dan kekompakannya sesuai motto BPP BMR #Bergerak Berdampak.

“Kecamatan Belitang Madang Raya menjadi salah satu Kecamatan yang menyumbangkan produksi cukup tinggi padi, harapannya mendukung OKU Timur untuk mencapai target 1 juta ton GKP dapat tercapai. Kepada petani saya mengucapkan terima kasih karena sudah menjaga pertanamannya dengan baik berkoordinasi denga PPL dan POPT. Semoga koordinasi dengan Dinas Pertanian OKU Timur yang sudah terjalin dan terjaga dengan baik ini, tetap berjalan dan perlu di tingkatkan di masa yang akan datang dalam mendukung OKU Timur mencapai target 1 juta ton GKP,” ujar Arifin pada awak media.

Kepala BPS Sumatera Selatan Moh. Wahyu Yulianto, S.Si., S.ST., M.Si. melalui Tim Pertanian BPS Provinsi Sumatera Selatan, Zahira, SST., M.S.E. mengatakan dalam rangka perhitungan kualifikasi Sumatera Selatan, Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini sedang melaksanakan survei ubinan di Desa Karang Binangun, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten OKU Timur untuk mengetahui produktivitas dari padi yang dihasilkan di Kabupaten OKU Timur.

“Produktivitas ini dilakukan dengan menggunakan survey titik ubinan yang hasilnya nanti akan dikalikan dengan hasil luas panen yang didapatkan dari survey KSA, dan menjadi tolak ukur untuk menghasilkan data produksi padi di Sumatera Selatan khususnya Kabupaten OKU Timur,” ujar Zahira pada awak media.

Kepala BPS Kabupaten OKU Timur, Ir. H. Budiriyanto, M.A.P mengatakan Tim BPS OKU Timur, dan Tim Dinas Pertanian OKU Timur melakukan ubinan di Desa Karang Birangun, Kecamatan Belitang Madang Raya, OKU Timur dalam rangka melihat produktivitas sekaligus produksi.

“Dalam rangka itu, kita ingin mengharapkan bahwa dalam suasana yang seperti ini, tetap produktivitas di Desa ini tetap tinggi. Dan harapan kita, dari angka yang akan kami dapatkan hari ini, bisa memprediksi berapa ton yang akan kita dapatkan di tahun 2024, sekaligus akan melihat di subron 3 yang akan datang, bagai mana peluangnya di subron 3. Dan tentunya hari ini jadi titik awal kita memprediksikan angka di tahun 2024,” ujar Budi pada awak media.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur, Junadi, S.P., M.M melalui Sekretaris Dinas Pertanian Niswaturrohmah, S.TP mengatakan ubinan peningkatan produktivitas dilaksanakan di Kecamatan Belitang Madang Raya, dalam rangka mengetahui angka produksi di Kabupaten OKU Timur. Menjadi harapan kita semua tahun ini OKU Timur tercapai target produksi padi 1 juta ton GKP.

“Ubinan ini dalam rangka mengetahui angka produksi di Kabupaten OKU Timur. Jadi kita kerjasama dengan BPS. Ada beberapa kerangka sempel area disini. Alhamdulilah, hari ini kita ambil 2 KSA hasilnya diatas 7 Kg. Mudah-mudahan ini terjadi di titik-titik KSA lainnya. Mudah-mudahan untuk Kabupaten OKU Timur tahun ini mencapai target 1 juta ton gabah kering panen (GKP),” ujar Niswaturrohmah.

Adapun hasil ubinan peningkatan produktivitas di Kerangka Sempel Area (KSA) WKPP Karang Binangun, Kecamatan Belitang Madang Raya di sempel titik 1 dengan hasil ubinan 7,68 Kg, dan titik 2 dengan hasil ubinan 7,18 Kg.

Turut hadir dalam kegiatan ini Tim Pertanian BPS Provinsi Sumatera Selatan, Zahira, SST., M.S.E., BPS Sumatera Selatan Meilin Dina Saputri, SST.,M.Si, Kepala BPS Kabupaten OKU Timur, Ir. H. Budiriyanto, M.A.P, Kepala BPS Kabupaten OKU Timur Jupni Amnus, S.E., M.M, Sekretaris Dinas Pertanian Niswaturrohmah, S.TP, Kabid. Tanaman Pangan Dinas Pertanian OKU Timur Andri Irawan, S.P., M.Si, Koordinator BPP Belitang Madang Raya Arifin Syajaah, SP, Tim KSA BPS Kabupaten OKU Timur, PPL Karang Binangun Yestieritawati, S.Pt, PPEP Karang Binangun Nahrul Chayat, S.P, Dona Kurnia Sari, S.Tr.P, Tim Ubinan BPP BMR, Penyuluh Pertanian BPP Belitang Madang Raya, PPEP Kabupaten OKU Timur, Staf BPP BMR, Tim IT BPP BMR, dan lain sebagainya. (Penulis: Prely)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *