Waduk Rawa Sekaran Banyak Di Alih fungsikan, Warga Kesusahan Air

Opini529 views

By :Amin Santoso

Ketua umum Forum Kajian Informasi Strategis ( FORKAIS)

Lamongan,Kabar One.com-warga Desa Sekitar Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Jawa Timur mengeluh terkait pengairan area Waduk Rawa Sekaran yang mulai mengering dan berdampak warga sekitar lokasi mengeluh kekurangan air.padahal dulunya Waduk Rawa Sekaran merupakan tempat penampungan air yang bisa digunakan untuk mengairi lahan pertanian. Sejak perubahan fungsi itu,produktifitas para petani di sana berkurang.

Era tahun 80an pada waktu belum ada pengkavlingan  Rawa Sekaran yang di buat tambak ikan dengan tanggul yang sangat tinggi.secara otomatis aliran sungai terhambat dengan semakin banyak pemilik tambak memompa air untuk di alirkan ke tambak mereka masing-masing.

Masyarakat Kecamatan Sekaran selama ini cuma bisa pasrah sebab mereka sudah mengadu ke pihak pengairan .dengan alasan waduk Rawa Sekaran adalah wewenang Provinsi Jatim . pihak Pemda Lamongan tidak punya kewenangan.di tambah lagi ada salah satu pemilik tambak di duga milik Pejabat tinggi.sudah jelas, masyarakat Sekaran berharap agar kawasan di proyek waduk Rawa Sekaran itu dikembalikan sebagai mana fungsinya. Tidak dijadikan sebagai lahan tambak yang keberadaannya sangat meresahkan masyarakat petani. Selain itu, lahan tersebut juga bukan digarap oleh masyarakat luar desa atau lain kecamatan.

Meski dipasang papan peringatan oleh pihak pengairan,kenyataannya masih saja Rawa Sekaran dijarah untuk dikavling-kavling jadi lahan tambak. Nampak hamparan pematang. tambak haram di belakang papan peringatan tersebut.

Keberadaan tambak liar yang memanfaatkan tanah negara itu sangat mengganggu fungsi rawa sebagai tempat penampungan air untuk pengairan lahan pertanian.air Rawa Sekaran kini terindikasi diatur oleh para pemilik tambak liar, mengeluarkan dan memasukkan air tergantung masa panen dan masa tabur ikan dan sesuka hatinya.bahkan lucunya, saat kemarau alat berat masuk ke lokasi rawa untuk  membuat pembangunan pematang dan juga peralatan secara tradisional leluasa dilakukan oleh pemilik Tambak.

Kalau pemerintah provinsi mau tegas, tidak ada yang sulit untuk menormalkan kembali fungsi Rawa Sekaran. di butuhkan kerjasama pihak antara Pemda Lamongan dan Pemprov Jatim dan dari Kementerian SDA pusat,Mabes TNI untuk segera membongkar tambak yang ada di area Waduk Rawa Sekaran.

Penulis berharap jangan ada gejolak  di masyarakat yang bisa membuat gaduh di wilayah Kecamatan Sekaran .semoga respon tindak lanjut deteksi dini segera terlaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *