Puluhan Dokter Bakti Sosial di Puskesmas Tamianggeromggang, Arutmin Gandeng IDI

Daerah413 views

KOTABARU,kabarOne.com- Dengan tema “Berkhidmat sehatkan masyarakat”, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kotabaru bekerjasama dengan PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin menggelar Bakti Sosial (baksos) di Puskesmas Tamianggeromggang, Desa Tamiang Bakung Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Sabtu (24/8/2024).

Ratusan masyarakat ramai-ramai mendatangi Puskesmas Tamianggeromggang untuk memanfaatkan kesempatan mendapat pelayanan gratis dari dokter spesialis dan dokter umum yang hadir pada acara ini.

Dalam bakti sosial ini total ada 37 dokter yang berhadir, dengan rincian 23 dokter umum dan 14 orang dokter spesialis.

Dokter spesialis yang berhadir diantaranya, spesialist penyakit dalam, spesialis mata, spesialis neurologi (syaraf), spesialis patologi anatomi, spesialis klinik laboratorium, spesialis anastesi, spesialis kandungan, dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau dikenal Obgyn, spesialis anak, dokter gizi, dokter spesialis gizi klinik dan dokter spesialis jiwa,

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kotabaru dr. Andrianor Rahman, Sp.N mengatakan, dilaksanakannya kegiatan bakti sosial hari ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke- 79, jadi momen ini IDI Cabang Kotabaru dapat sedikit berkontribusi di bulan kemerdekaan dengan berkhidmat untuk bisa menyehatkan masyarakat.

” Kegiatan baksos ini di isi beberapa kegiatan, diantaranya senam massal, penyuluhan kesehatan yang di sampaikan oleh 2 dokter spesialis, pemeriksaan kesehatan oleh dokter umum, pelayanan spesialistik dari beberapa dokter spesialis, kemudian secara pararel juga di lakukan donor darah,” paparnya.

Rencana kedepannya kami sangat berharap momen-momen baksos seperti ini bisa diadakan secara rutin, karena melihat bagaimana antusiasme masyarakat dan merasa terbantu dengan apa yang dilakukan hari ini.

“Mudah-mudahan dikegiatan lain IDI Cabang Kotabaru tetap bisa bekerjasama dengan PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin,” harapnya.

Sementara itu, supervisor EA PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Syamsir Alam mengatakan, kami sangat mengapresiasi niat baik dari ikatan dokter Indonesia (IDi) untuk melakukan bakti sosial diwilayah area sekitar Tambang Senakin PT Arutmin.

“Jadi kegiatan seperti ini adalah program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) secara umum di sebut program CSR,ini adalah salah satunya bidang kesehatan dan bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas PT Arutmin,” jelasnya.

Hari ini kami sangat bersyukur karena dokter yang bisa hadir, yaitu dokter spesialis sebanyak 14 orang, dokter umum 23 orang, dan ini saya rasa sesuatu yang sangat luar biasa.

“Saya ucapkan terimakasih atas keperdulian IDI Cabang Kotabaru yang melaksanakan bakti sosial di sekitar Tambang Senakin, ke depannya mudah-mudahan kerjasama seperti ini bisa di laksanakan lagi dengan pelaksanaan yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Sedangkan Wakil Ketua IDI Kalsel dr. Adhie Fahruddin, M.Kes, Sp.An mengucapkan terimakasih kepada PT Arutmin Indonesia Tambang yang telah mewadahi atau memfasilitasi rekan-rekan IDI khususnya IDI Cabang Kotabaru untuk kegiatan bakti sosial hari ini.

Lebih lanjut, kegiatan ini berkaitan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi di luar itu ini juga merupakan suatu momen, karena dalam satu tahun itu ada hari bakti dokter Indonesia dan puncaknya di bulan Mei, tapi dalam satu tahun bisa di laksanakan di bulan apa saja.

“Untuk IDI Cabang Kotabaru, ini akan menambah momen untuk kegiatan hari bakti dokter Indonesia ke-116 di tahun 2024 sejak berdirinya ikatan dokter Indonesia pada tahun 1950 atau lebih awal lagi sejak tahun 1908,” bebernya.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan suatu kegiatan yang di fasilitasi oleh PT Arutmin tidak cuman hari ini saja dan Arutmin memberikan wadah untuk kegiatan bakti sosial yang lakukan oleh IDI, beberapa waktu sebelumnya juga dilaksanakan kegiatan serupa dan bertempat di Puskesmas ini juga.

“Saya ucapkan apresiasi dan terimakasih semoga kegiatan ini akan terus berlanjut ke depannya dan lebih di tingkatkan lagi tidak hanya kesehatan secara fisik akan tetapi di kembangkan seperti kasus-kasus stroke, bagaimana kita memfasilitasi ketika ada masyarakat yang terkena stroke agar bisa dievakuasi ke rumah sakit,”pungkasnya.

Berikut hasil yang dicapai selama pelaksanaan Bakti Sosial;
Pengobatan masal 560 orang, donor darah 86 kantong, khitanan massal 22 anak, konseling spesialistik (anak, kandung, gizi dan jiwa) 30 orang, serta puluhan orang yang mengikuti senam sehat massal.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *