Jogja Fashion Carnival, Seniman Terus Berkreasi dan Berinovasi

Ragam241 views

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Pawai Kemerdekaan Jogja Fashion Carnival dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 berlangsung Sabtu (26/8/2023) sore.

Hadir Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Pj. Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo, Ketua Persit KCK Koorcab 072 PD IV/Diponegoro Ny. Ika Joko Purnomo.

Juga hadir Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Danlanud Adisucipto Marsma TNI Dedy Susanto, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, Ketua DPRD DIY Nuryadi, Kepala Kejaksaan DIY Ponco Hartanto, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Laksmi Pratiwi, Sekda DIY Beny Suharsono dan Forkopimda DIY.

Pawai Kemerdekaan Jogja Fashion Carnival dengan tema “Titis Ginaris Sunar Binabar” bertempat di regol sisi barat Komplek Kepatihan, JI. Malioboro, Yogyakarta.

Rute yang dilewati setelah start dari Kantor DPRD Provinsi DIY berjalan sepanjang Jalan Malioboro dan finish di Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Kali ini pawai diikuti sebanyak 15 peserta terdiri dari Paskibraka DIY, Marching Band Gita Buana Smakadano, Komunitas Ragam Rupa, Bahuwarna Carnaval, Wiwik Poenk Art Fashion, Salatiga Carnival Center, Rossynesia Center, Nawasena Carnival Syndicate, Plumberia, Nirwasita Carnival, Mbarang Wirang, Griya Paes Art, Rawikara Fashion Carnival, Marching Band Citra Depar UNY dan Draya Art Center Solo.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, menyampaikan, Jogja Fashion Carnival 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Paguyuban Karnaval Jogja Istimewa memiliki makna yang sangat mendalam. “Terutama dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Sri Sultan HB X.

Tema yang diangkat dalam Jogja Fashion Carnival tahun ini mampu menggambarkan kekayaan dan keindahan garis imajiner yang menyelimuti Yogyakarta, mulai dari pesisir Pantai Selatan yang memukau hingga puncak megah Gunung Merapi yang menjulang.

“Melalui tema ini kita dapat merasakan bagaimana alam dan budaya yang ada di Yogyakarta saling terhubung dan menginspirasi, membentuk ciri khas yang begitu memikat,” jelas Sri Sultan HB X.

Jogja Fashion Carnival ini bukan hanya sekadar peragaan busana. Tapi juga merupakan perwujudan kreativitas dan dedikasi para insan seni dan budaya di Kota Yogyakarta.

Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan acara ini baik dari panitia, desainer, peserta dan semua individu yang dengan penuh semangat berkontribusi untuk menciptakan pesta budaya yang luar biasa.

Melalui Jogja Fashion Carnival ini, kata Sri Sultan HB X, semangat kebersamaan dan semangat untuk terus melestarikan dan mempromosikan budaya lokal dapat terus tumbuh dan menginspirasi generasi muda.

Kemeriahan Jogja Fashion Carnival juga sejalan dengan semangat HUT Kemerdekaan RI yang dirayakan setiap tahunnya. Semangat untuk terus berkarya, berinovasi dan mengangkat budaya serta kearifan lokal.

“Merupakan wujud konkret dari rasa syukur kita terhadap anugerah kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan kita,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Gubernur DIY berharap, Jogja Fashion Carnival akan terus berkembang dan menjadi agenda tahunan yang dinantikan. “Mampu menggaet lebih banyak wisatawan dan menjadi wadah bagi para perancang busana serta seniman untuk terus berkreasi dan berinovasi,” ungkap Sri Sultan HB X.

Sementara itu Pj. Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo, mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran para tamu undangan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan tahun 2023. “Merupakan bentuk momentum bagi kita bersama untuk menyemarakkan dan memeriahkan kemerdekaan Indonesia,” kata Singgih Raharjo.

Diharapkan, ke depan pelaksanaan pawai kemerdekaan ataupun pawai yang lainnya bisa lebih berkembang di seluruh tanah air. “Dan bisa menjadikan sebuah kreatifitas masyarakat untuk bisa mengembangkan budaya-budaya lokal yang lebih maju,” kata Singgih Raharjo. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *