Dampak Positif Sebuku Coal Group Bagi Desa Pantai Baru, Dana CSR Pertriwulan

Daerah225 views

KOTABARU,kabarOne.com- Potensi pertambangan batubara membawa dampak positif, positifnya adalah bahwa kesejahteraan masyarakat di wilayah  pertambangan secara umum terlihat meningkat karena efek dominan dari  keberadaan perusahaan telah mampu mendorong dan menggerakkan sendi-sendi ekonomi masyarakat,

Struktur sosial di masyarakat juga  mengalami perubahan, karena masyarakat sekitar pertambangan termotivasi untuk mampu menyesuaikan perubahan struktur sosial yang disebabkan  banyaknya masyarakat  pendatang yang  menjadi karyawan di perusahaan tambang  batubara maupun masyarakat setempat yang membuka usaha di sekitar perusahaan batubara.

Seperti dampak positif aktivitas pertambangan Sebuku Coal Group khususnya di Desa Pantai Baru di segi program CSR nya yang terus bergulir setiap pertriwulan.

Halnya itu di ungkapkan Kepala Desa Pantai Baru Ashar,Minggu (24/9/2023) mengatakan program CSR Sebuku Coal Group saat ini programnya bermacam-macam tergantung apa yang di perlukan oleh masyarakat khususnya bagi kelompok- kelompok masyarakat, seperti kelompok tani, nelayan maupun dari pemerintah Desa apabila ada yang diperlukan pasti di bantu oleh perusahaan.

” Dan itu memang sudah menjadi program Sebuku Coal Group setiap pertriwulan di cairkan dan untuk Desa Pantai Baru selalu ada, ungkapnya.

Lanjutnya, program CSR Sebuku Coal Group lebih ke pemberdayaan, dan untuk Desa Pantai Baru di dominasi oleh kelompok tani seperti petani sawah, karet dan lainnya yang intinya untuk menunjang kegiatan kelompok maupun kegiatan lainnya.

” Yang jelas perusahaan sudah berkomitmen untuk Desa binaan, apapun yang diperlukan masyarakat melalui kelompok dan Pemerintah Desa selalu di penuhi, ini sudah berjalan terus menerus,” sebutnya.

Kata Kepala Desa, ke depannya yang sangat kami perlukan yaitu dana kompensasi khususnya untuk Desa binaan yang berada di ring 1 lingkar Tambang yang jumlahnya hanya 5 Desa.

” Untuk Desa binaan, dana kompensasi kami harapkan bisa untuk mendanai kegiatan Desa dan APBD untuk pembangunan infrastruktur dari dana kompensasi itu,” harapnya.(HRB)

Penulis; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *