Ibu Hamil Datangi Puskesmas, Arutmin Hadirkan Dokter Spesialis Kandungan

Daerah332 views

KOTABARU,kabarOne.com- Puluhan ibu hamil mengikuti pemeriksaan Ultrasonografi (USG) gratis. Program USG gratis ini dilaksanakan PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin bekerja sama dengan Diskes Kotabaru.

PT Arutmin Indonesia secara konsisten menjalankan program Pencegahan dan Pengurangan angka stunting dengan melakukan pemeriksaan pada ibu hamil resiko tinggi di wilayah lingkar Tambang sejak tahun 2023 yang lalu.

Pada tahun 2024 ini sebagai lanjutan program PPM, PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin bekerja sama dengan Dinkes Kotabaru kembali melakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil di wilayah kerjanya, bertempat di Puskesmas TamiangGeronggang, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan ini disambut antusiasme warga, salah seorang warga Desa Geronggang yang namanya tidak mau di wartakan mengaku sangat senang bisa memeriksakan kehamilannya secara gratis. Dirinya mengatakan kalau ingin melakukan pemeriksaan USG harus menyebrangi lautan dulu ke Kotabaru.

“Semoga program ini terus berlanjut agar dapat membantu warga yang membutuhkan,” katanya usai pemeriksaan.

“Kegiatan ini melanjutkan program sebelumnya dan PT Arutmin Indonesia kembali melaksanakan program PPM dalam bentuk layanan pemeriksaan kesehatan ibu hamil resiko tinggi dan USG gratis dari dokter spesialis kandungan dr. Iskandar Musgamy, M.Kes, SpOG,” ujar CDEA Superintendent Yudo Prakoso.

Pemeriksaan ini bertujuan agar ibu hamil tetap sehat, fit dan semangat dalam menjalani masa kehamilan serta untuk mendapatkan lahir bayi yang sehat, cerdas dan kuat dalam membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berdikari.

“Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya pencegahan stunting yaitu dengan memastikan kesehatan dari awal dalam kandungan dengan pemeriksaan kondisi ibu dan janin melalui USG, pemberian vitamin pada ibu hamil risiko tinggi dan penyuluhan kesehatan serta senam ibu hamil yang dilatih oleh bidan-bidan Desa dari Puskesmas TamiangGeronggang dan Tanjung Batu yang ada di Lingkar Tambang Senakin,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk membantu ibu hamil memeriksakan kandungannya, serta mendekatkan akses USG ke masyarakat yang membutuhkan.

“Progam ini sangat penting karena di area sekitar Tambang Senakin yang cukup terpencil, tentunya tidak tersedia dokter spesialis yang memadai bagi masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya,” tambahnya.

Oleh karena itulah salah satu program Arutmin ini sangat diapresiasi masyarakat karena sangat membantu mereka, apalagi dilaksanakan secara gratis.

Kata Yudo, ini juga merupakan bentuk komitmen PT Arutmin Indonesia untuk mengurangi bahkan menghilangkan kasus stunting di Kotabaru khususnya di Desa-Desa sekitar Tambang Senakin.

“Jdi melalui program ini pula diharapkan tingkat kesehatan masyarakat akan terus meningkat untuk mendapatkan generasi masa depan yang lebih sehat dan lebih berkualitas,” pungkasnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *