STIPER Belitang Adakan Kelas Wirausaha, Tingkatkan Kompetensi

Ragam139 views

Oku Timur ,Kabar One.com-Menunjang Kompetensi Lulusan STIPER Belitang adakan Kelas Wirausaha yang dilaksanakan di Alun-laun Sebiduk Sehaluan, KONI Belitang, Gumawang, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Sabtu (15/06/2024).

Sekretaris Yayasan ARWITA STIPER Belitang, M. Hafiz Azhad, S.P., M.Si mengatakan generasi muda saat ini harus dikenalkan berwirausaha sehingga ilmunya dapat diterapkan, bekal bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri menuju masyarakat mandiri.

Kegiatan kelas wirausaha bagi mahasiswa, bertemakan “Mulai dulu, mulai lagi, mulai terus untuk berwirausaha”. Ada 9 Kelompok Wirausaha dari mahasiswa STIPER Belitang yang dilaksanakan, tema menu yang ditampilkan, kreatif, dan, inovatif.

“Kelas wirausaha sangat penting sebagai ajang latihan berwirausaha. Tujuan utama wirausaha adalah kemandirian. Maka dari itu kelas kewirausahaan adalah latihan mental penerapan teori yang mereka terima. Harapan kami sebagai pendidik adalah melatih mental yang kuat, tanggungjawab dan berani berbuat, berwirausaha,” ujar Hafiz yang juga merupakan Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan itu.

“Harapan kewirausahaan di indonesia berkembang dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah dalam mengembangkan UMKM. Wirausaha yang ada di OKU Timur harapannya akan terus berkembang, membuka peluang dan membuat daerah semakin naik secara ekonomi serta semakin signifikan generasi mandiri. Wirausaha harus coba, coba dan coba untuk sukses, sukses dan sukses,” ujarnya.

 

Kelompok Kewirausahaan Skinny Snack, Anisa Anggraini mengatakan belajar kewirausahaan ini dapat menemukan ide baru, gagasan baru, belajar kerja sama dengan baik, dan bisa belajar menghargai uang yang didapat dari hasil kerja keras sendiri.

Bahkan dengan berwirausaha dapat memotivasi bagaimana cara mengelola modal yang ada dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

“Berwirausaha bisa mengenal banyak orang, bebas untuk mengembangkan ide, dapat menentukan sendiri lokasi kerja, dan bisa belajar mengembangkan jiwa memimpin. Dengan kegiatan ini saya berharap agar bisa membangkitkan ekonomi,” jelas Anisa.

“Harapan saya kepada Pemerintah yaitu, dapat mengefisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing,” ujar Mahasiwa STIPER Belitang itu.

Kemudian, Mahasiswa STIPER Belitang, Jefry Nobrian Sholahuddin mengatakan mengaku bangga praktik mata kuliah kewirausahaan sehingga mendapatkan pengalaman dan ilmu dari kegiatan itu.

Tantangannya dari segi persiapan, kekompakan tim dan menentukan yang ingin di jual kepada konsumen, kepuasan konsumen. Keseruannya dalam berwirausaha menambah kenalan baru dan tentu menambah wawasan dalam berwirausaha.

“Kami sangat senang bisa menambah wawasan dalam berwirausaha, dan sebuah tantangan bagi saya untuk mencoba hal baru. Semoga UMKM ini dapat mendorong pemerataan ekonomi di daerah dan semoga pemerintah mendukung dan memfasilitasinya,” ungkap Jefry.

“Untuk kelompok saya Flover Frenzy, semoga kedepannya tambah semangat dan kompak, keunggulan produk kami selain rasa yang enak, harga terjangkau. Adapun yang kami pasarkan produknya diantaranya Es Kuwud, Tahu bakso, dan Browka lumer,” tuturnya,

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai di Alun-alun sebiduk sehaluan, KONI Belitang. Dosen penilai diantaranya M. Hafiz Azhad, S.P., M.Si, Catarina Hariyani, S.IP., M.Si, Anggi Fatmayati, S.P., M.Si. Kegiatan bazar bertajuk kewirausahan tersebut disambut baik masyarakat dan antusias pengunjung yang hadir. (Penulis: Prely)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *