Event Tahunan Pesta Laut Pulau Manti Digelar Pemkab Kotabaru, Kembangkan Potensi Wisata

Daerah81 views

KOTABARU,kabarOne.com- Pemkab Kotabaru melalui Dinas Pariwisata pemuda dan olahraga Kabupaten Kotabaru gagas Event tahunan Puncak Pesta Laut Pulau Manti ke-42 tahun 2024 yang digelar selama 2 hari dari tanggal 27- 28 juli 2024.

Kegiatan terpusat dI Desa Rampa Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru, dan dihadiri langsung oleh Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar,SH di dampingi Ketua TP- PKK Hj. Fatma Idiana dan rombongan, Minggu (28/07/2024).

Turut hadir, Ketua TP- PKK mendampingi Bupati serta Asisten, Staf Ahli, Forkopimda, Kepala SKPD dan tamu undangan lainnya. ‎

Pesta Laut Pulau Manti sukses menarik perhatian publik dalam rangka melestarikan budaya dan kearifan lokal, dan Event ini merupakan sebuah selamatan laut yang dilaksanakan masyarakat setempat.

Selain itu beragam bentuk acara dan hiburan adat lainnya, mulai dari penampilan masyarakat dalam kelihaiannya batiti ditali yang merupakan ciri khas suku rampa, balap kapal nelayan, tarian tradisional hingga acara syukuran laut.

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Kotabaru, saya menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara pesta adat mapparentasi Pulau Manti yang merupakan sebuah acara yang dinanti nanti oleh masyarakat Kotabaru dalam rangka mengembangkan potensi wisata budaya dan adat masyarakat nelayan.

Lebih lanjut di katakan Bupati, mapparentasi yang setiap tahun dilaksanakan oleh para nelayan bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar para nelayan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah yang telah diberikan keselamatan perolehan tangkapan ikan.

“Saya berharap melalui acara ini semoga Kabupaten Kotabaru lebih dikenal oleh khalayak ramai baik ditingkat Provinsi maupun Nasional hingga mendunia,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Disparpora Sony Tua Halomoan menambahkan, Festival Pulau Manti ke- 42 adalah bentuk rasa syukur nelayan, khususnya Desa Rampa Pulau Sebuku atas rezeki yang didapatkan selama ini.

“Ini adalah termasuk Event kalender wisata, dan ritual ini hanya digelar di Kotabaru serta menjadi daya tarik sebagai Event budaya pesisir,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah lomba yang digelar selama 2 hari di Pulau Manti, diantaranya futsal turnament, vollyball turnament dan lomba turnament balap perahu.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *