by

Lazismu Kabupaten OKU Timur Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

-Ragam-75 views

OKU Timur Sumsel ,Kabar One.com– Resmi Dilantik Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029 di Aula Lantai 2 Kampus STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Harjowinangun, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Ahad (04/02/2024).

Kegiatan yang bertema, ”Bangkit bersama, untuk membangun Lazismu OKU Timur yang berkemajuan,” tersebut dilangsungkan juga sosialisasi dari Lazismu Sumatera Selatan. Agar masyarakat dan lingkup Muhammadiyah memahami hakekat pentingnya Lazismu, dalam pengelolaan zakat, infak, sedekah.

Ketua Pelaksana, Zainal Amirin, S.Pd mengatakan ucapan terima kasih atas kerjasama rekan-rekan dalam menyukseskan pelantikan Lazismu Kabupaten OKU Timur ini dengan baik. Lazismu itu sendiri lembaga amil zakat, infak dan sedekah, tentu ini sebuah syukur bagi warga Muhammadiyah Lazismu resmi ada di Kabupaten OKU Timur.

“Terima kasih atas dukungan berbagai pihak, baik PDM Kabupaten OKU Timur, segenap panitia sehingga pelantikan ini dapat berjalan dengan baik. Kami bersyukur pelantikan Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029 dapat terlaksana dan di Kabupaten OKU Timur resmi ada Lazismu,” ungkap Amirin.

Dalam sambutannya Ketua Badan Pengurus Lazismu OKU Timur periode 2024-2029, Preli Yulianto, S.P. menyampaikan syukur atas resminya dilantik dan berdirinya Lazismu Kabupaten OKU Timur. Berdirinya Lazismu Kabupaten OKU Timur merupakan sejarah, tentu proses terbentuknya menyimpan banyak cerita tapi, yang jelas keinginan yang kuat Ayahanda maupun Ibunda Muhammadiyah OKU Timur dan generasi muda Muhammadiyah dalam AMM menginisiasi yang menjadikan sebuah keharusan untuk didirikan Lazismu di Kabupaten OKU Timur.

“Lazismu harus menjadi lembaga filantropi yang profesional, amanah, dan transparan. Saatnya kita bersatu, seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung Lazismu dalam mewujudkan kesejahteraan umat. Mari kita bangkit bersama untuk membangun Lazismu OKU Timur yang berkemajuan,” terang Prely.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Sumatera Selatan, Haris Jumadi, S.E., M.M melalui M. Abdullah, S.Pd selaku Wakil Sekretaris II Lazismu Sumatera Selatan menyampaikan ajakan kepada masyarakat untuk berzakat, berinfak, bershodaqoh di Lazismu sebagai lembaga yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat, lembaga kebanggaan Muhammadiyah.

Nantinya Lazismu Daerah Kabupaten OKU Timur yang sudah dilantik untuk mendirikannya kantor layanan Lazismu di setiap PCM dan AUM.

“Alhamdulillah, Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029 resmi dilantik, dikukuhkan. Harapan Lazismu Kabupaten OKU Timur dapat membawa kemajuan. Mari semua untuk berzakat, berinfak, bersedekah di Lazismu. Lazismu juga mengajak Siswa dan Mahasiswa Muhammadiyah untuk belajar bersedakah melalui celengan Lazismu,” ungkap Abdullah.

“Lazismu hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berdonasi melalui Lazismu agar dapat membantu lebih banyak orang,” tutupnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur, H. Prioyitno, S.Pd., M.M melalui Muhith, S.Fill, M.Pd.i selaku Sekretaris PDM OKU Timur menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029. Semoga Lazismu memberikan dampak positif untuk umat dengan gerakannya dalam pemberdayaan, membangkitkan ekonomi ummat, melalui zakat, infak, dan sedekah, untuk disalurkan yang berhak menerima.

“Selamat telah dilantik Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029, kami bangga, kami senang, dan bersyukur OKU Timur resmi adanya Lazismu. Ayo kita semua, Pimpinan Muhammadiyah-Aisyiyah dari Daerah, Cabang, Pimpinan Ranting, Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah, Kampus, Sekolahan-sekolah Muhammadiyah, Klinik Muhammadiyah dan Masyarakat OKU Timur untuk menyalurkan zakat, infak, sedekah di Lazismu karena lembaganya jelas, pembagian jelas, dan insya Allah tersistem dengan baik, profesional, amanah, transparan,” jelas Muhith.

Terpisah, Ketua Badan Pengurus Lazismu OKU Timur Preli Yulianto, S.P. saat ditemui awak media di Sekretariat AMM menyampaikan Lazismu Kabupaten OKU Timur akan menjadi lembaga filantropi yang profesional, amanah, dan transparan. Tentu kami butuh dukungan berbagai pihak, bimbingan dari Ayahanda dan Ibunda, sesepuh Muhammadiyah guna mewujudkan lembaga amil, zakat, infak, dan sedekah yang kompeten, dan memberikan pelayanan baik, dan memberikan manfaatan untuk Ummat.

Adapun program unggulan Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029 diantaranya Beasiswa Mentari untuk Pelajar, Beasiswa Sang Surya/Kader untuk kalangan Mahasiswa, Peduli Guru, Peduli Lansia, Program Yatim Piatu Tersenyum, Peduli Guru Mengaji, Peduli Gizi, dan Pencegahan Stunting, serta Pemberdayaan Ekonomi UMKM, dan lain sebagainya.

“Lazismu Kabupaten OKU Timur bertekat menjadi lembaga amil zakat terpercaya, sehingga nantinya dana zakat, infak, wakaf, dan dana kedermawanan donatur disalurkan dengan prinsip sesuai syariat Islam, amanah dan intergritas, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintergrasi, akuntabilitas, profesional, transparan. Dalam mewujudkan kemajuan kelembagaan Lazismu juga akan sinergi dengan Pemerintah setempat, Baznas, Pimpinan Muhammadiyah-Aisyiyah, Amal Usaha Muhammadiyah, Komunitas maupun relawan dalam membangkitkan ekonomi Ummat,” terang Prely pada awak media pada Kamis (08/02/2024).

“Ayo kita dukung bersama-sama Lazismu dalam membangkitkan ekonomi Ummat, mensejahterakan masyarakat, dan penanggulangan kemiskinan untuk membangun negeri yang adil dan makmur,” tutupnya.

Kegiatan pelantikan Lazismu OKU Timur berjalan dengan lancar dan dilanjutkan sosialisasi Lazismu. Adapun sosialisasi oleh Dian Yudhistira, S.Pd. selaku Manager Lazismu Sumatera Selatan.

Dalam paparannya Yudhistira menuturkan bahwa Lazismu sebagai institusi pengelola zakat dengan manajemen modern dapat menjadi bagian dari penyelesaian masalah (problem solver) sosial masyarakat yang terus berkembang.

Lazismu Sumatera Selatan sudah banyak menjalankan program diantaranya program Peduli Tukang Becak, Peduli Pedagang Jamu Gendong, Peduli Guru Mengaji & Guru Honor, Peduli Buruh Panggul, Beasiswa Mentari, Pemberdayaan UMKM. Dan diantaranya program unggulan seperti Operasi Pangan Murah, dan Operasi Pangan Gratis, Tebar Kebahagiaan Ramadhan 1445 H, Program Beasiswa Pendidikan Kader Ulama, Suling (Subuh Keliling), Qurbanmu, dan program pemberdayaan Masyarakat, dan lain sebagainya.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dian Yudhistira, S.Pd. selaku Manager Lazismu Sumatera Selatan, Muhith, S.Fill, M.Pd.i selaku Sekretaris PDM OKU Timur, M. Abdullah, S.Pd selaku Wakil Sekretaris II Lazismu Sumatera Selatan, Muhammad Khoirul Antony, M.Ed. selaku Divisi Pendayagunaan dan Pendistribusian Lazismu Sumatera Selatan, Ayu Sapitri, S.M selaku Relawan Lazismu Sumatera Selatan, Nuryadi, S.Pd, M.M selaku Majelis Pendidikan Dikdasmen PDM OKU Timur, Rohman Hidayat selaku Majelis Ekonomi PDM OKU Timur, Dr. Didi Franzhardi, M.Pd selaku Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur, PD Aisyiyah OKU Timur, PCM Se-OKU Timur, PRM Se-OKU Timur, Pimpinan Amal Usaha se-OKU Timur, Benny Tenagus, SKM, BEM STKIP Muhammadiyah OKU Timur, GSC OKU Timur, PC IMM OKU Timur, PD IPM OKU Timur, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah lainnya.

Dalam pelantikan ini Lazismu Kabupaten OKU Timur sinergi dengan media partner Kabar One.com, Media OKU Timur Pos, Ide Publik.com, tvMu, Media Suara Muhammadiyah, Media Peduli Rakyat.co.id, Media Tajdid.id, Modernis.co. (RIL Lazismu)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *