KKN Kelompok 6 STKIP Muhammadiyah OKU Timur Sukses Gelar Pelatihan Membatik Shibori

Daerah564 views

Oku,Kabar One.com- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 6 STKIP Muhammadiyah OKU Timur melakukan kegiatan Pelatihan Membatik Shibori atau Jumputan yang dilaksanakan di Balai Desa Sido Gede, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Sabtu (27/07/2024).

Kepala Desa Sido Gede, Imam Munasir S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah OKU Timur yang aktif dan kreatif mengajak masyarakat Sido Gede untuk belajar seni membatik. Program postif seperti pelatihan atau workshop seperti itu penting dalam pemberdayaan dan menggerakkan ekonomi kreatif di Desa Side Gede.

 

Ketua PKK Desa Sido Gede, Desi Windasari, S.P mengatakan Kegiatan pelatihan membatik ini merupakan kegiatan yang bermanfaat, ajang kita semua belajar, semangat muda mahasiswa bisa ditularkan ke Ibu-Ibu dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Semoga sinergi mahasiswa KKN dengan PKK ini menjadikan giat ekonomi produktif.

Terpisah, Ketua Kelompok 6 KKN STKIP Muhamadiyah OKU Timur, Egi Tri Ertanto mengatakan Pelatihan membatik ini merupakan upaya pemberdayaan ekonomi lokal mengembangkan ketrampilan membatik yang dapat meningkatkan pendapatan melalui produksi dan penjualan batik Shibori, memperkuat ekonomi lokal.

 

Membatik Shibori juga menjadi upaya dalam pelestarian budaya seni tradisional. Harapannya menjadi ajang untuk menjaga dan meneruskan warisan budaya tersebut kepada generasi berikutnya.

 

Pelatihan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk belajar ketrampilan baru, menstimulasi kreativitas, dan memungkinkan untuk mengeksplorasi potensi baru dalam bidang seni dan kerajinan.

 

Program KKN ini juga menjadi kesempatan mempererat hubungan antara mahasiswa KKN dan Komunitas setempat, membangun kerjasama, dan memperkuat rasa kebersamaan di antara anggota masyarakat.

 

“Selain pelatihan, kegiatan ini juga dapat berfungsi sebagai sarana edukasi mengenai teknik Shibori serta manfaatnya bagi masyarakat meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap seni batik. Kami memilih kegiatan ini bertujuan sebagai pemberdayaan ekonomi lokal, pelestarian budaya, peningkatan ketrampilan dan kreativitas, dan pembangunan komunitas membatik dengan SDM yang unggul,” terang Egi pada awak media pada Selasa (30/07/2024).

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Imam Munasir, S.Pd.I selaku Kepala Desa Sido Gede, Desi Windasari S.P selaku Ketua PKK Desa Sido Gede, Ibu-Ibu PKK Desa Sido Gede, dan Kelompok KKN dari STIFI Bhakti Pertiwi Palembang. (Penulis: Prely)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *