Kadis Dukcapil Nias : 10.756 Warga Belum Melakukan Perekaman Data KTP-El

Daerah, Regional1,242 views

KabarOne.com, Nias Induk – Dari jumlah 157.559 penduduk di Kabupaten Nias, ada sekitar 10.756 lagi warga yang belum melakukan perekaman data KTP-el (Kartu Tanda Pengenal Eletronik).

Hal ini berdasarkan keterangan Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Nias Tehesokhi Hulu, S.IP diruang kerjanya Jalan Gomo, Kota Gunungsitoli, Jum’at (21/10).

” Jumlah penduduk yang sudah memiliki KTP-el baru mencapai 81.716 warga. Sementara warga yang sudah melakukan perekaman sebanyak 82.559 warga. ” Sebutnya.

Kepala Dinas Dukcapil, Tehesokhi Hulu S. IP menjelaskan kalau kendala  keterlambatan dalam percetakan KTP-e, disebabkan jaringan server pusat terganggu,

” Setiap warga yang melakukan perekaman datanya kita kirim kepusat untuk dilakukan validasi data di center pusat. Setelah data tersebut dipastikan tidak memiliki masalah atau memang tunggal, maka barulah data itu kembali keserver kita dan baru kita cetak. ” Ujar Hulu. Ada pun kendala dalam pembuatan KTP-el menurutnya di saat jaringan server terganggu.

“Berdasarkan pengalaman kita, kalau jaringan bagus, satu hari bisa siap, tetapi kalau jaringan terganggu, data itu masuk keserver bisa kita seminggu  mau juga sampai satu bulan, ” jelasnya.

Lebih lanjut di jelaskan nya, ketersediaan Kuota blangko yang minim untuk Kabupaten Nias dan personil yang masih kurang.

” 300 blanko, kemudian 500, dan yang terakhir blanko yang masuk dari pusat sebanyak 2 ribu dan itu sudah hampir habis, kalau blanko tersebut habis, kita mengeluarkan surat keterangan. Kemudian alat untuk percetakan yang kita punya cuma satu buah, kalau mesin itu rusak, maka semua akan terganggu, begitu juga dengan personil juga sangat kurang dalam melayani masyarakat, ” Tambah Tehesokhi.

Diterangkannya bahwa untuk percepatan perekaman data penduduk telah di lakukan beberapa cara.

” Dalam meningkatkan kesadaran  masyarakat kabupaten Nias tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan, Dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Nias telah melakukan sosialiasi baik melalui media maupun langsung mengunjungi  kesekolah serta kekecamatan yang ada dikabupaten Nias.” Tuturnya mengakhiri. (Fr.Lature)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *