Hj. Fatma Idiana Buka Secara Resmi KMD dan KML, Revitalisasi Gerakan Pramuka

Daerah111 views

KOTABARU,kabarOne.com- Ketua kwartir cabang Kotabaru Hj. Fatma Idiana secara resmi membuka kegiatan kursus pembina Pramuka mahir tingkat dasar (KMD) dn lanjutan (KML) gerakan Pramuka kwartir cabang Kotabaru Kalimantan Selatan.

Kegiatan berlangsung di Aula serba guna Dojo Lemkari Kodim 1004/Kotabaru, Kamis (1/8/2024.

Kegiatan KMD dan KML ini dilaksanakan dari tanggal 01 Agustus hingga 06 Agustus 2024, peserta KMD untuk putra sebanyak 35 orang dan putri sebanyak 22 orang, sedangkan peserta KML untuk putra 13 orang dan putri 11 orang, dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 100 orang dari 22 kwartir ranting.

Sedangkan materi dalam kurikulum baik KMD-KML untuk keseluruhan materi tersusun masing-masing dalam 70 jam pelajaran dan dilaksanakan dengan pola segmental.

Dalam amanatnya Ketua kwartir Cabang Kotabaru gerakan Pramuka Kalimantan Selatan Hj.Fatma Idiana menyampaikan, kursus mahir tingkat dasar (KMD) serta kursus mahir pembina tingkat lanjutan (KML) bertujuan untuk terus menerus meningkatkan pembina yang tersebar diwilayah Kabupaten Kotabaru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan gerakan Pramuka.

“Kegiatan ini adalah program untuk merevitalisasi pembina Pramuka diwilayah kwartir Cabang Kotabaru agar berjalan dengan sistematis,terencana serta berkelanjutan guna memperkokoh eksistensi organisasi dan lebih meningkatkan peran, fungsi serta pelaksanaan tugas pokok gerakan Pramuka diwilayah Kabupaten Kotabaru,” jelas Fatma Idiana.

Selain itu, program revitalisasi gerakan Pramuka yang telah dilaksanakan oleh kwartir cabang difokuskan pada pemberdayaan gugus depan dengan penekanan dan pengembangan pada program-program peserta didik, tenaga pendidik serta prasarana dan sarana pendidikan Pramuka, khususnya dalam upaya menghasilkan pembina Pramuka yang berkualitas.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tunggul kursus dari Ketua Kwarcab kepada Kepala Pusdiklatcab untuk diserahkan kepada pimpinan kursus, kemudian dengan penyematan ID card peserta dan penyerahan plakat dari peserta LPK nasional 2024 dan ditutup dengan foto bersama.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Pusdiklatcab gerakan Pramuka Kotabaru, Kepala Pusdiklatda Provinsi Kalsel, tim pelatih serta kwartir ranting.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *