Busana Adat KRT Djumyanto SH MH Warnai Upacara HUT ke-79 RI DiPengadilan Negeri Jakarta Selatan

Hukum95 views

Jakarta,Kabar One.com : Pelaksanaan  Pengibaran bendera Merah Putih HUT ke 79 Republik Indonesia( RI) di Pengadilan Negeri( PN)Jakarta Selatan Parade baju adat Nusantara mewarnai pada hari sabtu pagi (17 /8) 2024.

Kanjeng Raden Tumenggung dan Juga Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Djumyanto SH MH “mengenakan baju adat Surjan lengkap dengan Penutup kepala”

“Pakaian ini dulunya diperuntukan khusus untuk anggota Kerajaan yang berasal dari Bangasawan ataupun abdi dalem surjan digunakan saat acara resmi berlangsung”

“Dengan ragam baju nusantara ini, dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.” Katanya .

Momentum semarak kemerdekaan untuk mempertajam rasa kebanggaan pada Identitas Nasional, juga diperhatikan di PN Jaksel ini. Pasalnya, saat upacara bendera memperingati HUT RI ke 79, seluruh peserta upacara kecuali petugas pengibar bendera semua mengenakan baju adat dari berbagai daerah di nusantara.

Usai upacara, para peserta baik Hakim, Panitra, sekertaris, juru sita, staf dan karyawan langsung mengikuti lomba Fashion Show baju adat nusantara diruang sidang utama. Tujuan untuk memupuk rasa bangga pada kebhinekaan bangsa Indonesia, dan bertekad untuk mempertahankannya, karena pakaian adat ini sudah berlangsung sejak tahun 2022.

Ketua PN Jaksel, Saut Maruli Pasaribu dalam sambutannya menyatakan bahwa di PN Jakarta Selatan latar belakang para hakim dan seluruh karyawan karyawatinya berasal dari berbagai suku bangsa.

“Tujuan acara Fashion Show baju adat nusantara ini dapat lebih mengokohkan persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa dalam mengabdi pada negara,” ujarnya.

Sementara, Ketua panitia yang juga Humas PN Jaksel Djuyamto mengatakan bahwa acara ini terselenggara atas dukungan semua keluarga besar PN Jakarta Selatan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kemerdekaan.

Sebelum acara ditutup, panitia dan dewan juri mengumumkan para juara dari berbagai lomba, sera diiringi musik, hiburan dan Doorprize.10 Perlombaan

Sebelumnya, di PNJakarta Selatan juga telah menggelar 10 perlombaan dengan tema “Rayakan Kemerdekaan dengan Semangat Juang dan Kegembiraan” pada Jumat (9/8/2024) lalu.

Adapun 10 lomba yang digelar ini, makan kerupuk, ambil koin dibuah, balap karung pake helm, lomba kelereng, masukan pensil ke botol (TIM). giring bola menggunakan terong, makan biskuit, membawa balon, kait topi dan lomba jalan diatas kardus. Sedangkan peserta lombanya, para Hakim, Panitra, Sekertaris, Juru Sita dan para staf PN Jaksel.

Humas PN Jaksel Djuyamto menyatakan tujuan lomba ini untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 sekaligus HUT Mahkamah Agung yang jatuh pada tanggal 19 Agustus mendatang.

“Perlombaan ini sebagai wujud rasa sukur, karena sebagai warga negara atau sebagai warga bangsa, kita telah menikmati alam kemerdekaan. Dimana kemerdekaan sebuah bangsa yang dicapai ini, tentu tidak melalui perjuangan yang mudah,” ujarnya kepada Beritaglobal-indonesia.com disela-sela perlombaan, pada Jumat (9/8/2024) lalu.

Berdasarkan hal itu, Djuyamto yang juga Hakim di PN Jaksel ini mengatakan kita sebagai generasi yang menikmati suasana kemerdekaan, sudah selayaknya untuk mensyukuri alam kemerdekaan tersebut.

“Nah, dalam konteks itu, kami warga besar PN Jaksel melakukan kegiatan berbagai lomba, baik lomba-lomba tradisional seperti makan kerupuk, kemudian balap karung, lomba kelereng dan sebagainya,” katanya.

Selain itu, Jumat sebelumnya lanjut Djuyamto PN Jaket juga sudah terlebih dahulu menggelar lomba olah raga, seperti gaple, tenis meja, lomba karauke yang sudah terlebih dahulu dilaksanakan pada Jumat tanggal 2 Agustus 2024 lalu.

“Nanti acara puncaknya tanggal 17 Agustus, kita gelar lomba fashion show dengan pakaian adat masing- masing daerah,” pungkasnya. (Sena).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *