Cegah Abrasi Sekda Bersama Masyarakat Tanam Ribuan Mangrove di Pesisir Desa Semilir

Daerah23 views

KOTABARU,kabarOne.com- Untuk mencegah abrasi diwilayah pesisir, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM melakukan penanaman Mangrove dan Cemara Laut bersama masyarakat dan beberapa perusahaan di Kotabaru.

Kegiatan yang diberi label Mangrove For Banua di digagas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, dilaksanakan di pesisir Desa Semilir Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru, Rabu (21/8/2024).

Hadir perwakilan Forkopimda dan Forkopimcam Pulau Laut Tengah, SKPD terkait, KPH Pulau Laut Sebuku, Kepala Desa dan warga Desa Semisir, siswa sekolah, serta beberapa perwakilan perusahaan yang juga memberikan dukungan serta speech campaign terkait kelestarian lingkungan hidup, seperti PT Arutmin Indonesia, PT. Indonesia Bulk Terminal, Bank Kalsel dan lainnya.

Dalam laporannya, Kadis LH Kotabaru, H M Maulidiansyah menyampaikan, bahwa penanaman ribuan bibit mangrove ini sebagai upaya untuk mengatasi dampak perubahan iklim, seperti pemanasan global, abrasi dan melindungi habitat di pesisir.

“Selain di Desa Semisir, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Desa Langadai, Desa Tarjun, dan pesisir Desa Tanjung Pangga hingga November 2024,” sebutnya.

Dikatakannya, Dana kegiatan ini bersumber DBH Kelapa Sawit dari Pusat sebagai reward atas prestasi Kabupaten Kotabaru yang berhasil meraih Indeks Kualitas Lingkungan Hidup terbaik se- Kalimantan Selatan tahun 2023 lalu.

Sementara itu, Sekda Kotabaru Drs. H. Said Akhmad menyambut antusias kegiatan ini, karena melibatkan masyarakat dan perusahaan setempat.

Sekda berpesan, tanamlah mangrove sebanyak-banyaknya, karena selain sebagai penghasil oksigen yang baik, ini juga merupakan amal jariyah yang akan bermanfaat bagi bumi dan anak cucu kita kelak.

Ia berharap, mangrove yang telah ditanam agar dapat dijaga dan dipelihara agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik oleh masyarakat atau kelompok tani yang telah ditunjuk serta terus diperluas wilayahnya.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru memiliki area pesisir terluas di Kalimantan Selatan, yaitu seluas 10,6 ribu kilometer persegi atau 28% dari seluruh pesisir di Kalsel, sementara luas potensi mangrove mencapai 62 ribu hektar.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *