Kotabaru Akan Terapkan Layanan Digital Untuk Tingkatkan PAD

Daerah221 views

KOTABARU,kabarone.com- Kedatangan PT Telkom Pusat di Kotabaru di sambut oleh Wakil Bupati kotabaru Andi Rudi Latif diruang kerjanya, Rabu 15/12/2021.

Tujuan kedatangan dari pihak Telkom yaitu untuk menyampaikan beberapa hal yang bisa diterapkan dan diimplementasikan di Kabupaten Kotabaru dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Banyak aplikasi digital dikembangkan oleh PT Telkom melalui konteks Smart City Nusantara dan Smart Village Nusantara yang dapat diimplementasikan dan dikorelasikan dengan kondisi Kotabaru seperti E-PARKIR, ELOK dan SMART MONEV, kata Del Rizki salah satu perwakilan Smart City Nusantara.

Menurutnya, penerapan aplikasi ini pada dasarnya untuk peningkatan PAD dengan menerapkan layanan digital melalui sistem pembayaran baik tunai maupun non tunai yang dipantau secara langsung oleh stackholder pemerintah Daerah, dengan dipantau secar riil time peningkatan pasti terjadi, terangnya.

Disinggung mengenai jaringan yang merupakan salah satu penunjang dari aplikasi ini, Del Rizki pun menjelaskan, PT Telkom pada dasarnya berkomitmen untuk menindaklanjuti beberapa titik seperti yang disampaikan oleh Diskominfo Kotabaru khususnya Daerah-daerah yang akan kita implementasikan terkait layanan digital, seperti tempat parkir, lokasi wisata, Kecamatan ataupun Desa, dan datanya sudah kita terima dan akan kita tindaklanjuti, tuturnya.

Sementara Wabup Kotabaru Andi Rudi Latif sangat bersyukur dan berterimakasih atas silaturahmi dengan PT Telkom Pusat, di mana pertemuan ini adalah tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya tiada lain hanya untuk kemajuan Daerah dan masyarakat kita.

Menurutnya, kedatangan mereka ke Kotabaru memang menjadi kebutuhan di Daerah terkait masalah peningkatan digitalisasi di era sekarang ini

Banyak yang harus kita tindaklanjuti seperti halnya jaringan wifi gratis pada tempat tempat publik, jaringan internet di Kecamatan hingga ke Desa- desa masih ada yang belum terjangkau atau belum ada jaringannya, apalagi di kehidupan era sekarang, hampir semua aktivitas kita dapat di permudah dengan ada nya sistem aplikasi khususnya transaksi pembayaran dalam memudahkan dan mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah serta agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan efektif dan efisien, katanya.

Terkait dengan aplikasi yang disampaikan oleh PT Telkom, Wabup, sangat yakin dapat diterapkan di Kotabaru, contohnya parkir dengan konsep digital yang dapat memudahkan untuk pembayaran, memudahkan untuk pengontrolan dan tentunya terbuka, tidak tertutup.

Kita akan ujicoba secepatnya selama dua bulan kedepan aplikasi parkir digital ini. Terkait teknis dan kerjasamanya kita bahas kemudian hari,tutupnya.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *