by

Pemuda Inspiratif Dorong Kemajuan Kreatifitas Pemuda Lamongan

-Daerah, Regional-549 views

Kabarone.com, Lamongan – Kemenpora RI (Kementrian Pemuda dan Olahraga) menggelar event Pemuda Inspiratif 2018. Gelaran itu merupakan rangkaian kirab Pemuda yang bakal berlangsung di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Kompetisi Pemuda Inspiratif telah singgah di Lamongan yang di gelar 2 hari sabtu (27/10) dan minggu (28/10) yang bertepatan dengan aumpah pemuda. Event pemuda inspiratif ini juga telah di gelar di beberapa kota lain nya, Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) dan dipusatkan di Universitas Islam Lamongan (Unisla) ini, berlangsung meriah diikuti oleh ribuan peserta dan pengisi acara.

Kemeriahan tidak lepas dari kehadiran beberapa lomba event yang diselenggarakan, lomba tersebut : ide kreatif pemuda, Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB), kompetisi tari, dan kompetisi band.

Seluruh peserta ide kreatif yang berasal dari sekolah menengah, perguruan tinggi, dan pengusaha muda di Lamongan mempresentasikan ide-ide kreatifnya lamongan di ikuti oleh total 900 peserta, dan termasuk kota yang notaben nya adalah termasuk 4 besar kota dengan peserta lomba terbanyak dari beberapa kota yang sudah di singgahi oleh event kemenpora ini di seluruh indonesia. Hasilnya dari seleksi di hari pertama, Sabtu (27/10), ide kreatif pemuda terpilihlah 20 finalis masing-masing 10 putra dan 10 putri.

Di dalam sambutan nya di atas panggung, Staf Khusus Kempora Zainul Munasichin mengungkapkan bahwa Pemuda Inspiratif merupakan wadah bagi pemuda untuk berkreasi. “Kegiatan ini digelar di berbagai penjuru Indonesia karena potensi pemuda yang begitu besar,” ujarnya.

Selain di Lamongan, kegiatan Pemuda Inspiratif ini adalah Gelaran Pemuda Inspiratif berhasil mengumpulkan ribuan pemuda-pemudi untuk saling menunjukan ide-ide kreatif mereka di berbagai bidang kreasi.

Bertemu juga di belakang stage, Pembina komunitas Band Indie Lamongan, Frey indie mengatakan mengapresiasi atas terlaksananya gelaran Pemuda Inspiratif 2018 ini.

“Alhamduillah, acara ini sangat menginspirasi pemuda di seluruh Indonesia. Kegiatan ini luar biasa, sangat anak muda sekali. Karena dengan adanya acara ini akan membangun semangat pemuda untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa dan berkreasi dalam berbagai wadah, sangat meng apresiasi event ini, acara seperti ini harus tetap ada di tahun-tahun berikutnya. Karena bisa kita lihat tadi para peserta sudah sangat inspiratif, meskipun ada beberapa ide yang masih wacana. Namun ide tersebut sudah sangat luar biasa hebat. Ada juga yang sudah di realisasikan, hal ini berguna untuk meningkatkan indeks pembangunan pemuda khususnya di lamongan pada umum nya. Dengan adanya acara ini diharapkan indeks pembangunan kreatifitas pemuda lamongan di segala hal naik” terang nya.

Dalam kemeriahan event Festival band pemuda inspiratif ini, di ikuti oleh 17 peserta band. Dan yang terpilih 3 juara band festival terbaik, juara 1 yaitu SMASA Big Band, juara 2 yaitu River Side Band, dan juara 3 yaitu Noname Band. Di puncak acara di malam hari nya banyak pagelaran yang di suguhkan oleh pemuda pemudi Lamongan pertunjukkan tari kreasi, modern dancer , teater, demo silat dan band. Semua tersusun apik dengan penyuguhan event yang terlihat megah dengan big stage panggung yang luas di lengkapi sorot lampu lampu yang gemerlap.

komunitas Band Lamongan mendapat undangan sebagai pengisi acara pada event tersebut, band pengisi event pemuda inspiratif pun dari berbagai Genre musik. Seperti Band Reggae W.IO band, BK_uye feat Aris Lamaika plus kawan sereal band, serta pochijame band ; klo dari genre Ska yaitu kawan kawan Mayor SKA yang asik menyuguhkan perform nya yang menghibur ; dari genre Rock ada P.R.S energy of rock Lamongan ; dari genre POP ada Potato Band serta Synoby Band ; dari keroncong ada D’Jagank ; dari solois ada Raffie Cakradara feat Listy.

Lanjut bang frey ” Lamongan adalah kota kecil dengan banyak pemuda ber talenta, banyak bakat, dan penuh kreasi. Pemuda pemudi suka sekali berkumpul, bersosial dan berkarya positif untuk bergaul. Banyak komunitas di lamongan yang berdiri, tak hanya yang berkesenian tapi juga komunitas motor pun bertebaran di kabupaten lamongan. Jadi tak hanya komunitas Band, komunitas seni foto photografer, komunitas art modern seperti mural, desain grafis dan gravity ; selain itu komunitas tari kreasi dan modern dance, komunitas teater, komunitas keroncong, komunitas stand up comedy, komunitas miniatur pun ada, komunitas fans club bola pun banyak. Itu bukti bahwa pemuda lamongan itu selalu ingin kompak, terbuka dan berwawasan, suka sekali berkumpul, bergaul, ingin selalu eksis sebagai makhluk sosial, suka sekali ber organisasi “.

Dan Sangat perlu adanya acara nasional seperti ini “pemuda inspiratif” ini diduplikasikan oleh kedinasan PEMKAB yang terkaid misal oleh dinas pemuda olah raga, dinas pariwisata dan kebudayaan, atau dinas pendidikan untuk juga berperan untuk memberikan tempat, ruang ber apresiasi untuk semua komunitas pemuda di lamongan khusus nya, agar pemuda pemudi di lamongan ini selalu diarahkan untuk berpositif, berkreasi, dan selalu kreatif sebagai wujud pembangunan mentalitas pemuda sebagai generasi bangsa. ( F.AST )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *