Wujudkan KEK Pemprov Kalsel Permudah Proses Perijinan Usaha

KOTABARU. Kabarone.com– Asissten Pemerintahan Setda Provinsi Kalimantan Selatan Syamsir Rahman mengatakan apa yang kurang agar cepat ditindaklanjuti saat hadir dalam Rapat Koordinasi Tekhnis Pengembangan Kawasan Ekonomi Strategis Mekar Putih Kabupaten Kotabaru di ruang rapat Asisten Setda Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru. Selasa 13/2/18.

Lanjutnya, dalam percepatan penetapan KEK kita harus saling koordinasi antara pihak Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Investor. Semua harus cepat ditindaklanjuti karena waktu semakin cepat agar semua data bisa dimasukkan sebelum bulan September nanti.

Mari bekerja dengan hati, lengkapi semua kekurangan, dan untuk investor apa yang kurang sebutkan agar pihak Pemprov dan Pemkab bisa membantu prosesnya, ujar Syamsir.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin yang juga berhadir dalam rapat tersebut Mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kotabaru sangat mengharapkan agar Penetapan KEK ini segera terwujud.

Pemerintah Kabupaten sudah berkomitmen siap membantu untuk memudahkan proses perizinan agar KEK ini bisa terwujud karena perizinan merupakan pondasi dalam melaksanakan kegiatan lainnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kotabaru Said Akhmad menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kotabaru saat ini untuk proses perizinan diKotabaru terintegrasi satu pintu untuk memidahkan proses perizinan, tidak ada perizinan yang keluar lewat dari satu minggu.

Lanjutnya, saat ini Pemerintah Pusat sangat terbuka dengan usulan penetapan KEK di Kabupaten Kotabaru dan Pemerintah Kotabaru pun siap menerima yang terbaik untuk mewujudkan penetapan KEK, jadi tinggal mengeroyok sama sama dalam melengkapi proses perizinan dan mengatasi kendala kendala dalam percepatan mewujudkan KEK di Mekar Putih.

Kawasan KEK merupakan prospek cerah untuk daerah Kabupaten yang berkembang, apalagi seperti Kabupaten Kotabaru yang banyak mempunyai potensi SDA.

Sebelumnya, hasrat Kabupaten Kotabaru untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus sejak tahun 2016 lalu,
Pemerintah Kabupaten Kotabaru optimis Kotabaru layak menjadi daerah Kawasan Ekonomi Khusus karena saat ini banyak potensi sektor pariwisata dan perikanan yang bisa mendukung terwujudnya KEK di Kabupaten Kotabaru.

Selain itu dari letak posisi Kabupaten Kotabaru juga sangat mendukung dan terintegrasi dengan Pengembangan kawasan kota Maritim Nasional dan jalur tol laut.

(hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *